Mau Bikin Konten Podcast ala Milenial? Perhatikan Tips Berikut!

Ada beberapa tips untuk membuat konten podcast yang menarik.

Mau Bikin Konten Podcast ala Milenial? Perhatikan Tips Berikut! Ilustrasi. (inews.id)

    Madiunpos.com, MADIUN – Podcast atau siniar merupakan layanan yang berisikan berbagai konten informasi, misalnya, berita atau musik dan dapat dinikmati melalui jaringan internet. Podcast sebenarnya sudah ada sejak lama namun istilah ini baru dikenal oleh masyarakat belakangan ini. Layanan ini pun menjadi wadah baru untuk masyarakat berkreasi.

    Saat ini, sudah banyak kalangan yang menggunakan podcast untuk menghibur atau memberikan informasi. Kalangan artis yang membuat konten podcast seperti Fitri Tropica, Desta, Raditya Dika. Dari kalangan penulis, misalnya, penulis asal Surabaya, Alvi Syahrin pun turut berkonten melalui podcast.

    Nah, apakah Anda mulai tertarik berkonten via podcast? Berikut tips yang harus Anda persiapkan untuk menjadi podcaster, seperti dilansir oleh Madiunpos.com dari inews.id, Senin (13/7/2020).

    1. Tetapkan minat untuk konten podcast

    Dalam podcast terdapat banyak hal yang dapat dibahas. Pembahasan untuk konten ini pun dapat bersumber dari minat sang podcaster. Jika Anda memiliki minat, misalnya, suka dengan permainan atau games maka Anda dapat memanfaatkan minat tersebut untuk isi konten sebuah podcast.

    2. Tetapkan konsep podcast

    Ada berbagai konsep podcast seperti konsep monolog, berdialog dengan narasumber, atau bercerita. Konsep ini pun dapat berbentuk formal maupun informal. Sebelum memulai jejak sebagai podcaster lebih baik baik tentukanlah konsep podcast Anda terlebih dahulu.

    3. Membuat art cover podcast yang menarik

    Untuk menarik pendengar maka podcaster harus membuat art cover podcast yang cukup menarik. Art cover podcast harus sesuai dengan tema konten, misalnya, konten mengenai permainan maka buatlah cover podcast yang berhubungan dengan permainan. Jika Anda tidak terampil untuk membuat cover maka dapat memanfaatkan aplikasi yang menyediakan desain untuk cover podcast. Setelah membuat cover, langkah selanjutnya yaitu memberikan judul podcast.

    4. Menentukan topik

    Selanjutnya, tentukanlah topik podcast. Hal ini berfungsi agar pembicaraan pada konten dapat terfokuskan. Durasi untuk setiap episode podcast pun harus konsisten. Pada episode awal, durasi podcast bisa pendek. Setelah podcaster mampu menarik banyak pendengar maka durasi bisa diperpanjang.

    5. Konsisten

    Podcaster harus konsisten dengan jadwal penayangan, misalnya, dalam sepekan hanya mengunggah satu kali. Meskipun untuk produksi podcast bisa mencapai 3 kali hingga 5 kali dalam sepekan. Akan tetapi, podcaster harus tetap konsisten dengan jadwal penayangannya.

    6. Memilih platform podcast

    Saat ini, sudah tersedia berbagai platform yang dapat dimanfaatkan oleh podcaster. Roov salah satu platform yang dapat Anda manfaatkan untuk bermain podcast. Dalam platform Roov, Anda dapat merekam suara dan mengedit. Anda pun dapat menambahkan backsound sesuai keinginan.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.