Memori iPhone Anda Penuh? Lakukan Tips Berikut Ini

Ada sejumlah langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi memori penuh pada iPhone.

Memori iPhone Anda Penuh? Lakukan Tips Berikut Ini iPhone. (inews.id)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Pernakah Anda mendapati saat-saat di mana Anda dibuat kesal tak bisa menyimpan foto karena memori ponsel penuh? Kejadian ini banyak dialami banyak orang, terlebih bagi Anda yang suka menyimpan banyak file baik lagu, film, maupun gambar.

    Masalah ini kerap terjadi pada ponsel berkapasitas kecil, baik Android maupun perangkat iOS. Tapi, seperti yang kita tahu kalau kapasitas memori pada perangkat Apple tak bisa ditambahkan dengan memori eksternal seperti pada ponsel Android.

    Oleh sebab itu, memori yang penuh menjadi masalah menyebalkan bagi pengguna iPhone. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak langkah-langkahnya, seperti dirangkum dari PcMag, Selasa (1/9/2020).

    Periksa penggunaan memori Anda

    Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengecek berapa banyak ruang atau sisa memori yang Anda miliki. Caranya, buka Pengaturan > Umum > Penyimpanan. Anda akan melihat diagram batang berkode warna yang menguraikan berapa banyak memori yang digunakan lewat kategori tertentu. Dari sana, Anda bisa mengecek aplikasi mana saja yang menguras memori dengan cache besar.

    Sortir aplikasi yang tidak digunakan

    Jika Anda sudah melihat aplikasi mana saja yang menghabiskan memori iPhone Anda, Anda bisa pertimbangkan untuk menghapusnya. Pilihlah aplikasi yang jarang atau tidak Anda gunakan lagi, lalu uninstall atau hapus.

    Hapus foto yang tidak perlu

    Foto dan video sering kali menghabiskan lebih banyak memori daripada yang disadari. Jika Anda memiliki lebih dari 1GB, Anda harus mempertimbangkan untuk menyalin foto dan video ke layanan penyimpanan cloud sehingga Anda dapat menghapusnya dari perangkat Anda.

    Atau, Anda juga bisa pindahkan ke Drive maupun komputer Anda yang memori penyimpanannya lebih besar. Jika sudah dicadangkan, jangan sayang sayang untuk menghapusnya dari iPhone Anda.

    Hapus musik dan cache browser

    Beralih ke layanan mucic streaming merupakan cara yang bagus untuk menghemat memori penyimpanan daripada mengunduhnya. Selain itu, hal tak kalah penting untuk mengosongkan memori penuh adalah menghapus cache browser Anda. Untuk Safari, buka Pengaturan > Safari > Ketuk Hapus Riwayat dan Data Situs Web.

    Untuk Chrome di iOS, buka aplikasi, ketuk tiga titik di sudut kanan bawah dan pilih History. Kemudian ketuk Hapus Data Penjelajahan untuk menghapus semuanya atau Edit untuk menghapus situs tertentu. Anda juga dapat menavigasi ke Pengaturan > Privasi > Hapus Data Penjelajahan, yang memungkinkan Anda menghapus riwayat penjelajahan, cookie dan data situs, gambar dan file cache.

     

    Artikel berita ini telah tayang di iNews.id dengan judul "4 Cara Gampang Mengatasi Memori Penuh di iPhone".



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.