Mencicipi Makanan Saat Puasa, Bagaimana Hukumnya?

Dalam sebuah unggahan video di Youtube, UAS--sapaan gaul Ustaz Abdul Somad, menjawab hukum boleh menjilat makanan.

Mencicipi Makanan Saat Puasa, Bagaimana Hukumnya? Ilustrasi memasak. (Suara.com)

    Madiunpos.com, MADIUN –Banyak orang beraktivitas memasak pada pagi hingga sore hari selama Ramadan. Biasanya, orang akan mencicipi masakan untuk mengetahui rasa makanan yang dimasak. Nah, bagaimana hukum menjilat atau mencicipi makanan bagi yang sedang memasak, sementara dirinya sedang berpuasa?

    Ustaz kondang Abdul Somad dalam sebuah majelis pengajian menjelaskan jawaban pertanyaan di atas. Dalam sebuah unggahan video di Youtube, UAS--sapaan gaul Ustaz Abdul Somad, menjawab hukum boleh menjilat makanan.

    Alasannya, menurut mazhab Hambali, hal-hal yang berkenaan dengan luar tubuh tidak membatalkan puasa. Ujung lidah termasuk di luar tubuh.

    Diduga Cabuli Keponakan, Dosen Universitas Jember Jadi Tersangka

    "Ujung lidah mencicip gulai saja tak batal. Ya itu mazhab Hambali. Tapi mencicip sekali, jangan setengah mangkuk," kata UAS.

    Selain itu, UAS juga menyinggung soal hukum memakai lipstik. Menurut dia, perempuan memakai lipstik saat sedang berpuasa tidak masalah.

    Ada banyak alasan atau argumen disodorkan UAS. Intinya, kata dia, anggapan tersebut tidak benar, menurut UAS. "Kecuali memakai lipstik sambil minum es teh, itu baru batal," kata UAS disambut tawa jemaah.

    Hujan Disertai Petir Guyur Jatim Mulai Siang Hari Pertama Ramadan

     

    Make Up

    Akan tetapi yang jadi masalah karena jemaah itu bertanya lipstik, maka UAS memastikan hal itu di luar tubuh, karena berkenaan dengan bibir.

    Menurut pendakwah jebolah Al Azhar ini, di dalam mazhab Hambali, hal-hal yang berhubungan dengan di luar tubuh tidaklah batal.

    Akan tetapi, pada kesempatan itu, UAS menyinggung soal penggunaan make up yang acap digunakan para perempuan. Sebab make up ini pada dasarnya menurut UAS sangat tidak diperkenankan pada perempuan.

    BMKG Minta Jatim Waspadai Longsor dan Banjir Bandang

    Ada alasan tersendiri yang dia kemukakan. Yakni, make up dapat menutupi pori-pori wajah. Selain itu, make up juga akan membuat wajah kian kusam terlihat.

    "Banyak pokoknya [masalah make up], banyak. Sudah tidak usah pakai make up, berhenti pakai make up," katanya lagi.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.