Merinding Saat Merasa Ketakutan? Ternyata Inilah Penyebabnya

Merinding terjadi karena tubuh memproduksi hormon yang menyebabkan otot kecil yang folikel rambut pada kulit berkontraksi.

Merinding Saat Merasa Ketakutan? Ternyata Inilah Penyebabnya Ilustrasi--bulu kuduk berdiri. (hipwee.com)

    Madiunpos.com, MADIUN – Pernahkah Anda merinding? Mengapa bisa merinding? Merinding biasa terjadi dalam kondisi seperti kedinginan, khawatir, kaget akan sesuatu, atau bahkan merasa seperti ketakutan. Sebagian dari Anda pasti pernah merasakan bulu kuduk berdiri.

    Merinding juga bisa terjadi selama aktivitas fisik, seperti saat melakukan buang air besar. Ini disebabkan aktivitas fisik mengaktifkan sistem saraf simpatik atau insting Anda. Terkadang, merinding mungkin muncul tanpa alasan sama sekali.

    Saat merinding, Anda bisa tahu dari gejala yang muncul pada kulit. Seringkali, merinding dikaitkan dengan hal yang mistis. Namun bagaimana merinding bisa terjadi menurut sudut pandang ilmiah?

    Wah, Wawali Madiun Siap Pinjamkan Mobil Pribadinya Gratis Untuk Calon Pengantin

    Melansir dari halodoc.com, Jumat (25/9/2020), merinding dikenal juga dengan sebutan refleks pilomotor yang muncul sebagai reaksi tubuh ketika mengalami beberapa kejadian. Otak langsung mengaktifkan mode “siaga” sehingga tubuh pun memproduksi hormon yang menyebabkan otot kecil yang folikel rambut pada kulit akan berkontraksi. Inilah yang yang menyebabkan Anda akhirnya bergidik atau merinding. Kulit akhirnya pun terlihat seperti berbintik menonjol layaknya kulit unggas jika kulitnya sudah dicabut.

    Refleks pilomotor yang muncul tiba-tiba juga bisa menjadi penanda gangguan penyakit tertentu. Umumnya, gangguan ini disebut dengan istilah hiperrefleksia otonom atau disrefleksia otonom. Beberapa penyakit yang ditandai dengan gejala merinding yang tiba tiba adalah influenza, gastroenteritis, dan radang paru-paru.

    Anda perlu memerhatikan jika reaksi merinding yang Anda rasakan berlebihan seperti, keringat berlebih, detak jantung yang cepat atau melambat, turun atau naiknya tekanan darah secara tiba-tiba dan munculnya rasa sakit pada bagian tubuh tertentu.

    Menelisik Sejarah Kecap Manis di Indonesia, Bukti Silang Budaya Nusantara dan Tiongkok

    Nah, meski merinding yang Anda alami memang benar sebagai salah satu reaksi tubuh saat merasa takut, jangan selalu mengira itu diakibatkan oleh hal mistis. Anda juga perlu memerhatikan kondisi kesehatan karena bisa jadi Anda mengalami gejala sakit. Bisa jadi merinding yang Anda alami itu disebabkan temperatur udara sekitar Anda. Terutama di pergantian musim seperti ini. Tak ada salahnya siap sedia selalu jaket yang bisa langsung digunakan jika merasa kedinginan.

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.