Meski Jadul, Jutaan Gawai di Dunia Masih Pakai Windows XP

Sistem operasi besutan Microsoft, Windows XP ternyata masih dipakai di jutaan laptop dan komputer di seluruh dunia.

Meski Jadul, Jutaan Gawai di Dunia Masih Pakai Windows XP Ilustrasi penggunaan komputer. (Freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Sistem operasi besutan Microsoft, Windows XP ternyata masih dipakai di jutaan laptop dan komputer di seluruh dunia. Padahal, pembuatnya sendiri menghentikan pengembangan OS ini pada 14 April 2014.

    Dikutip dari Detik.com, data NetMarketShare menunjukkan ada 1,26 persen semua laptop dan komputer di dunia memakai Windows XP pada bulan lalu. Angka ini terbilang besar jika dibandingkan dengan OS lain yang masih muda seperti Windows 8 (0,57 persen), Chrome OS (0,42 persen), dan Windows Vista (0,12 persen).

    Sementara itu, Windows 10 kini dipakai oleh lebih dari 60 persen perangkat komputer di seluruh dunia. Capaian ini lebih baik ketimbang setahun lalu yang hanya 50 persen.

    Mahasiswa UI Bikin Lumpur Lapindo Jadi Batu Bata Ramah Lingkungan

    Kenaikan jumlah pengguna Windows 10 seiring dengan penurunan persentase mesin yang menjalankan Windows 7. Jumlah mereka turun dari 31,53 persen menjadi 22,31 persen dalam 2 semester terakhir.

    Microsoft sendiri menyatakan penggunaan Windows 7 rampung pada Januari lalu. Pengguna Windows 7 disarankan agar meningkatkan perangkatnya ke Windows terbaru untuk memperkuat keamanan.

    Sebab, Microsoft tidak akan lagi memberikan tambalan keamanan untuk sistem operasi yang sudah ketinggalan zaman. Penjahat dunia maya bisa memanfaatkannya untuk mengembangkan malware yang dirancang khusus untuk mengeksploitasi kelemahan komputer jadul.

    dr. Tirta: Ajakan Pakai Masker Perlu Pendekatan Kearifan Lokal



    Editor : Cahyadi Kurniawan

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.