Ingat! Petugas Kebersihan Pun Ada Uji Kompetensi, Kalau Lulus Dapat Ini

Menjadi petugas kebersihan masa kini pun bisa mengikuti uji kompetensi.

Ingat! Petugas Kebersihan Pun Ada Uji Kompetensi, Kalau Lulus Dapat Ini Wakil Ketua BNSP, Miftakul Azis, mencoba mobil sanitasi di sela pelaksanaan sertifikasi kompetensi di Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Minggu (6/9/2020). (ANTARA/HO-BNSP)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Menjadi petugas kebersihan masa kini pun bisa mengikuti uji kompetensi. Jika lulus, peserta akan mendapatkan sertifikat kompetensi dari negara.

    Uji kompetensi itu salah satunya digelar di Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Minggu (6/9/2020). Uji kompetensi dinilai penting guna memastikan petugas memiliki kemampuan teknis dan manajerial di bidang cleaning service.

    "Oleh karena itu, karena bapak ibu saat ini mengikuti uji kompetensi, maka bapak ibu berhak mendapat pengakuan kompetensi dari negara apabila dinyatakan kompeten," kata Wakil Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Miftakul Azis, seperti dilansir Antara, Minggu.

    Azis menjelaskan petugas kebersihan merupakan pekerjaan yang mulia. Ia menggambarkan dengan suasana kantor yang lantai dan toiletnya kotor membikin pegawai dan tamu tidak kerasan.

    Tak Ada Indonesia, Vietnam Buka Kembali Penerbangan ke 6 Negara

    "Karyawan Klining Servis itulah yang berjasa merawat, membersihkan, dan merapikan segala sesuatu di dalam kantor tersebut. Dari membersihkan kamar toilet hingga ruangan kerja," ujar dia.

    Uji kompetensi petugas kebersihan itu digelar menggandeng Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Klining Servis. Direktur LSP Klining Servis, Aziz Sidiq, mengatakan uji kompetensi menjadi penting lantaran persaingan kerja di bidang ini makin ketat.

    Peserta yang lulus uji kompetensi ini akan menerima sertifikasi sebagai tanda yang bersangkutan berkompeten.

    Aziz menambahkan uji kompetensi petugas kebersihan dilakukan guna mempercepat pengakuan industri dan sektor terhadap tenaga kerja bersertifikat kompetensi. Hal ini sekaligus memfasilitasi calon tenaga kerja/tenaga kerja untuk mendapatkan sertifikat kompetensi.

    Pandemi Covid-19 Jadi Momentum UMKM Jatim Garap Peluang Pasar Afrika



    Editor : Cahyadi Kurniawan

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.