Mobil PCR Bantuan BNPB Akan Tes Swab 50 Orang di Lamongan

Mobil tes swab bantuan dari BNPB mampir di Lamongan. Mobil Polymerase Chain Reaction (PCR) ini menggelar tes swab di RSUD dr Soegiri.

Mobil PCR Bantuan BNPB Akan Tes Swab 50 Orang di Lamongan Mobil PCR yang akan tes swab puluhan warga Lamongan. (Detik.com)

    Madiunpos.com, SURABAYA -- Mobil tes swab bantuan dari BNPB mampir di Lamongan. Mobil Polymerase Chain Reaction (PCR) ini menggelar tes swab di RSUD dr Soegiri.

    "Betul, diposkan di RSUD dr Soegiri Lamongan. Pasien yang di-swab dibawa ke sana," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Lamongan, Taufik Hidayat pada wartawan, Jumat (29/5/2020).

    Sudah Bisa Periksa 10.000 Spesimen/Hari, Tim FKM UI: Prediksi Puncak Corona Lebih Presisi

    Menurut Taufik, selama di Lamongan, mobil PCR ini ditargetkan bisa melakukan tes swab kepada 30 sampai 50 orang. Untuk hasilnya akan diketahui besok.

    "Ya belum. Kan baru hari ini. Hasil mungkin nunggu besok [Sabtu, 30/5/2020]," imbuh Taufik saat ditanya hasil tes swab.

    Lebih jauh Taufik menambahkan, mobil PCR ini hanya akan beroperasi di Lamongan hari ini. Karena sifatnya mobile ke seluruh wilayah di Jatim. "Hari ini saja. Kan keliling ke kabupaten/kota se-Jatim," pungkasnya.

    Update Covid-19 Jatim : Tambah 159 Pasien Positif, Total Tembus 4.271 Orang

    Sebelumnya Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kecewa mengetahui mobil laboratorium polymerase chain reaction (PCR), dialihkan ke daeran lain. Mobil yang bisa melakukan tes swab tersebut dialihkan Gugus Tugas Jatim ke Tulungagung dan Lamongan.

    Padahal rencananya dua mobil bantuan dari BNPB pusat itu akan melakukan tes swab terhadap 200 warga Tanah Kali Kedinding.

    Sempat Kabur saat Hendak Diisolasi, Pria Probolinggo Ini Akhirnya Menyerahkan Diri

    Menurut Wali Kota Risma, mobil PCR bantuan dari BNPB pusat itu diprioritaskan untuk Surabaya. Namun, lantaran dialihkan ke daerah lain, Pemkot harus membatalkan tes swab ratusan orang.

    Dia menjelaskan pasien yang diperiksa adalah ODP, PDP, kemudian pasien yang akan swab ulang. Mereka sudah disiapkan sejak pukul 07.00 WIB. Rencananya ada melakukan tes di Gelora Pancasila, ada Manukan, ada yang di Rungkut.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.