Nyaris Bikin Liverpool Kalah, Robertson Akhirnya Mampu Balas Arsenal

Kemenangan atas Arsenal mempertahankan hasil sempurna Liverpool di Liga Premier Inggris.

Nyaris Bikin Liverpool Kalah, Robertson Akhirnya Mampu Balas Arsenal Para pemain Liverpool merayakan gol Diego Jota ke gawang Arsenal. (Twitter/@LFC)

    Madiunpos.com, LIVERPOOL -- Liverpool sukses menggebuk Arsenal 3-1 di lanjutan Liga Premier Inggris, Selasa (29/9/2020) dini hari WIB. Sempat tertinggal leih dulu karena blunder Andrew Robertson, Liverpool berhasil bangkit dan membalikkan keadaannya juga berkat Robertson.

    Menjamu Arsenal di Anfield pada laga pekan ketiga Liga Inggris, pemain The Reds, Robertson sempat menjadi pesakitan. Kesalahannya menghalau umpan Ainsley Mitland-Niles dibayar bahal. Sapuan bola Robertson justru mengarah ke pemain Arsenal, Alexandre Lacazette, yang berdiri bebas di depan gawang.

    Penyerang asal Prancis ini dengan tenang memperdayai kiper Alisson Becker. Untungnya, Robertson punya mental yang sangat baik sehingga permainannya tak terlalu terganggu dengan blundernya tersebut.

    Rahasia Jamie Vardy Bawa Leicester City Bantai Manchester City 5-2,Tahu Cara Dapat Penalti

    Tiga menit berselang The Reds mampu menyamakan kedudukan lewat gol Sadio Mane. Robertson kemudian membayar tuntas kesalahannya dengan membuat Liverpool berbalik memimpin di menit ke-34. Pasukan besutan Juergen Klopp ini akhirnya menutup laga dengan kemenangan 3-1 setelah Diogo Jota mencetak gol di babak kedua.

    Pujian Klopp

    Keberhasilan Robertson membayar tuntas blunder tersebut mendapat pujian Klopp. Manajer asal Jerman ini menilai kesalahan bek kiri asal Skotlandia ini adalah hal yang wajar dan tak ingin menyalahkannya. "Itu hanya sebuah kesalahan. Itu hanya sesuatu yang tak biasa dari bola, kaki, dan rumput . Tidak masalah," ujar Klopp, seperti dilansir detik.com.

    "Reaksinya brilian. Saya menyukai ketiga gol tersebut, tetapi dari bek sayap ke bek sayap (untuk gol yang dicetak Robertson) - Saya menyukainya," tegasnya memuji Robertson.

    Wow, Pemain Belia Persija Nathan Dapat Apresiasi Tottenham Hotspur

    Tak sekadar mencetak gol, Robertson juga tampil begitu luar biasa selama 90 menit. Performanya dalam bertahan dan menyerang sama baiknya.

    Dikutip dari Opta, pemain 26 tahun ini mampu mencatatkan akurasi umpan sebesar 90,5 persen, membuat satu umpan silang sukses dan mengkreasi peluang. Sementara saat bertahan, Robertson melakukan satu kali tekel dan empat kali sapuan.

    Secara penguasaan bola, tuan rumah sangat dominan dengan 66,3 persen berbanding 33,7 persen. Kemenangan ini membuat Liverpool berada di peringkat kedua klasemen sementara Liga Premier Inggris dengan sembilan poin. The Reds hanya kalah selisih gol dengan pemuncak klasemen sementara, Leicester City, yang sukses melumat Manchester City 5-2, Minggu (27/9/2020).

    Sementara, Arsenal kini menempati peringkat kelima. Anak asuhan Mikel Arteta ini mengumpulkan enam poin dari tiga laga.

    Jalannya Pertandingan

    Peluang pertama di laga ini dihadirkan oleh Liverpool di menit ke-11. Umpan silang Trent Alexander-Arnold dari sisi kanan berhasil ditanduk oleh Virgil van Dijk di kotak penalti. Sundulan Van Dijk yang mengarah ke pojok kiri gawang Arsenal yang dikawal Bernd Leno ini masih mampu dihalau David Luiz dengan kepalanya. Gawang Arsenal masih aman.

    Umpan Alexander-Arnold dari sisi kanan kembali menjadi sumber bahaya untuk Arsenal. Pada menit ke-15, umpan tariknya mampu disambar oleh Sadio Mane. Namun, upaya Mane tersebut masih mampu ditepis oleh Leno. The Reds tak henti menggempur lini pertahanan Arsenal.

    Mereka hampir saja memecah kebuntuan di menit ke-21. Sepekan Alexander-Arnold dari luar kotak penalti terdefleksi Hector Bellerin sehingga mengecoh Leno. Kali ini, giliran mistar gawang yang menyelamatkan gawang The Gunners dari kebobolan.

    Terus ditekan, Arsenal justru mampu mencuri gol lebih dulu di menit ke-25. Lewat sebuah serangan balik cepat, Ainsley Maitland-Niles terbebas di sisi kiri. Umpan silangnya gagal dihalau dengan baik oleh Andrew Robertson. Sapuan Robertson justru mengarah ke Alexandre Lacazette yang berdiri di depan gawang Liverpool.

    Sepakan Lacazette memperdayai Alisson. Arsenal unggul 1-0.

    Respons Liverpool

    Tertinggal, Liverpool langsung menghadirkan respons cepat tiga menit berselang. Aksi Salah dari sisi kanan mampu menerobos hingga ke kotak penalti Arsenal. Ia lalu melepas tembakan yang masih bisa ditepis Leno. Bola muntah kemudian mengarah ke Mane.

    Mane lewat satu sentuhan pelan menggetarkan jala Leno. Skor berubah menjadi 1-1.

    Robertson menebus kesalahan atas gol Arsenal di menit ke-34. Bermula dari umpan silang Alexander-Arnold dari sisi kanan, bola mengarah ke kotak penalti. Para pemain Arsenal terlalu berfokus untuk menjaga Mane. Namun, bola ternyata tak bisa disundul Mane. Bola yang lolos dari Mane mengarah ke Robertson yang muncul dari belakang. Mengontrol bola dengan baik, Robertson kemudian menyontek bola mendahului Leno yang berusaha melakukan sergapan. Liverpool berbalik unggul 2-1.

    Di 10 menit terakhir babak pertama tak ada gol tambahan yang tercipta.

    Babak Kedua

    Selepas jeda, Liverpool masih tampil dominan. Pada menit ke-62, Van Dijk yang naik membantu serangan melepas sepakan keras dari luar kotak penalti. Leno tampil tenang menghadapi ancaman Van Dijk ini dengan masih bisa menepis bola.

    Arteta berusaha merubah alur laga dengan memasukkan Dani Ceballos menggantikan Granit Xhaka di menit ke-60. Dampak instan hampir saja dihadirkan oleh Ceballos. Kala umpan terobosannya membebaskan Lacazette dari pengawalan pemain belakang Liverpool di menit ke-62. Namun, sepakan yang dilepaskan Lacazette masih belum menggoyahkan Alisson.

    Laga berlangsung menarik di 10 menit terakhir dengan kedua kubu saling bertukar serangan. Rekrutan anyar Liverpool yang baru dimainkan Diogo Jota berhasil membuat gol debut di menit ke-88.

    Mendapatkan bola liar dari sundulan Hector Bellerin, ia melepas sepakan terukur dari luar kotak penalti. Bola sepakan Jota bersarang ke pojok kanan gawang Arsenal dengan Leno yang tak bereaksi. Liverpool menjauh 3-1. Skor ini tak berubah hingga laga usai dengan Liverpool berhasil menyegel tiga angka di Anfield.

    Susunan Pemain

    Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Naby Keita (James Milner 79'), Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino (Takumi Minamino 90') , Sadio Mane (Diogo Jota 80').

    Arsenal: Bernd Leno; Rob Holding, David Luiz, Kieran Tierney; Hector Bellerin, Mohamed Elneny, Granit Xhaka (Dani Ceballos 60'), Ainsley Maitland-Niles; Willian (Nicolas Pepe 68'), Alexandre Lacazette (Edward Nketiah 74'), Pierre-Emerick Aubameyang.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.