OPERASI PASAR : 500 Kg Bawang Merah dan Bawang Putih Dijual Murah di Madiun

OPERASI PASAR : 500 Kg Bawang Merah dan Bawang Putih Dijual Murah di Madiun Bawang merah (Dok/JIBI/Solopos)

    Operasi pasar di Madiun dilaksanakan oleh Bulog.

    Madiunpos.com, MADIUN - Kenaikan harga bawang merah dan bawang putih menjelang Ramadan 2016 membuat Perum Bulog Sub Divisi Regional IV Madiun menggelar operasi pasar (OP) kedua komoditas tersebut, Kamis (2/6/2016).

    Jumlah bawang merah dan bawang putih yang disiapkan dalam operasi pasar tersebut masing-masing adalah 500 kilogram.

    Kepala Bulog Sub Divisi Regional IV Madiun Rachmat Syahdjoni Putra, mengatakan, operasi pasar bawang merah dan bawang putih tersebut kali pertama dilakukan oleh Bulog setempat.

    Hal itu sesuai dengan instruksi pemerintah yang menyatakan Bulog harus siap melaksanakan operasi pasar jika terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok yang signifikan.

    "Operasi pasar dilakukan di beberapa titik. Yakni di Kota Madiun terdapat di Pasar Sleko dan Pasar Srijaya. Sedangkan di Kabupaten Madiun digelar di Pasar Dolopo dan Pasar Pagotan. Selain itu, jika perlu, OP juga akan dilakukan di depan Kantor Bulog Madiun," ujar Syahdjoni kepada wartawan.

    Ia menyebut untuk tahap awal, jumlah bawang merah dan bawang putih yang didistribusikan ke masyarakat berkisar 200 hingga 300 kilogram. "Jika animo masyarakat bagus, maka bisa ditambah," kata dia.

    Rachmat menambahkan harga jual dalam operasi pasar tersebut lebih murah dari harga di pasaran. Yakni, bawang merah dijual dengan harga Rp25.000 per kilogram, sedangkan bawang putih dilepas dengan harga Rp29.000 per kilogram.

    Sementara, harga bawang merah dan bawang putih di pasaran saat ini fluktuatif, yakni berkisar Rp35.000 hingga Rp40.000 per kilogram. Kenaikan harga dipicu permintaan pasar akhir-akhir ini cukup tinggi.

    "Untuk penjualan, kami kemas per kilogram. Jika jumlah 500 kilogram masih kurang, kami akan meminta tambahan pasokan dari gudang Bulog Sub Divisi Regional Surabaya Utara," kata dia.

    Pihaknya berharap dengan OP tersebut, harga bawang merah dan putih bisa turun ke posisi normal yakni di bawah Rp20.000 per kilogram.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.