Pakde Karwo Imbau Dana Desa Juga untuk Penguatan Ekonomi Kreatif

Pakde Karwo Imbau Dana Desa Juga untuk Penguatan Ekonomi Kreatif Gubernur Jawa Timur Soekarwo. (Wahyu Darmawan/JIBI/Bisnis)

    Penggunaan dana desa menjadi sorotan Gubernur Jatim.

    Madiunpos.com, SURABAYA -- Pemerintah desa di Provinsi Jawa Timur (Jatim) diimbau supaya tak hanya menggunakan dana desa untuk pembangunan infrastruktur, namun juga untuk penguatan ekonomi kreatif di perdesaan.

    Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan selama ini dana desa masih banyak digunakan untuk perbaikan infrastruktur. “Persentasenya mencapai 80%,” ujar Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo, seperti dikutip dari situs resmi Pemprov Jatim, Selasa (16/5/2017).

    Pakde Karwo menyatakan keseimbangan dalam perencanaan harus dipikirkan, apabila hanya memikirkan infrastruktur tidak akan seimbang. Dampaknya meskipun jalan desa sudah bagus, tapi ekonomi kreatif tidak dibangun akan menjadi percuma.

    “Jalan desa bisa rusak lagi, kalau tidak dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi kreatif,” ungkap dia.

    Pakde Karwo mencontohkan salah satu wujud penguatan ekonomi kreatif yang seiring dengan pembangunan infrastruktur adalah mengajak karang taruna ikut andil di dalamnya.

    Misalnya, lanjut dia, paving untuk pembuatan jalan desa diproduksi sendiri oleh karang taruna, sehingga akan ada industri kreatif yang timbul di dalamnya.

    “Apabila terus menerus membeli bahan dari toko, maka perekonomian di desa tidak akan bisa berkembang,” kata Pakde Karwo.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.