PARIWISATA MALANG : Masuk ke Wisata Air Wendit Malang, Pakai Tiket Sensor

PARIWISATA MALANG : Masuk ke Wisata Air Wendit Malang, Pakai Tiket Sensor Objek wisata pantai di Malang Selatan memesona sebagai daya tarik wisata (malangselatan.com)

    Pariwisata Malang terus dipercantik. Pengeloa Taman Wisata Air Wendit kini memberlakukan tiket sensor.

    Madiunpos.com, MALANG--Pemerintah Kabupaten Malang (Pemkab) Malang, Jawa Timur, selaku pengelola Taman Wisata Air Wendit (TWAW) Kecamatan Pakis Kabupaten Malang bakal memberlakukan tiket sensor.

    General Manager TWAW Kabupaten Malang, Gunawan, mengatakan untuk menerapkan sistem tiket gelang sensor tersebut pihaknya akan menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI).

    “BRI sendiri sudah berpengalaman dalam mengelola tiket masuk dengan sistem sensor salah satu tempat wisata di wilayah kabupaten Kediri,” kata Gunawan, Jumat (2/1/2014).

    Penerapan tiket sensor tersebut juga untuk menertibkan penjualan tiket dan menekan terjadinya kebocoran. Sehingga pengunjung yang masuk ke TWAW harus menggunakan gelang tersebut.

    Menurutnya selama ini tingkat kebocoran dari pemasukan tiket diprediksi mencapai 40%. Pada 2014, pemasukkan dari hasil penjualan tiket hanya mencapai Rp2 miliar.

    “Seharusnya pendapatan mencapai Rp 2,5 miliar, sehingga terjadi kebocoran sebesar Rp500 juta,” jelas dia.

    Akibatnya target yang dipatok sebesar Rp3 miliar menjadi tidak terpenuhi. Pihaknya pernah menemukan kasus terkait penjualan tiket. Dari hasil perhitungan manual jumlah pengunjung sebanyak 1.300 orang.

    Namun tiket yang terjual hanya 900 lembar. Sehingga 400 orang dipastikan masuk ke area rekreasi wendit tanpa menggunakan tiket atau masuk menggunakan tiket palsu. Ini yang menyebabkan kebocoran pendatapatan dari penjualan tiket masuk TWAW.

    “Masih banyak pengunjung yang masuk tanpa membeli tiket serta adanya tiket palsu,” ujarnya.

    Harga tiket masuk ke TWAW saat ini sebesar Rp 10.200 untuk dewasa, dan untuk anak-anak Rp 5.200 per orang. Dengan menggunakan gelang tiket sensor harapannya kebocoran tiket bisa ditekan.

    Ke depan dengan adanya gelang tiket sensor tersebut harapannya TWAW yang merupakan wisata legenda di kabupaten Malang tersebut bisa dikelola dengan lebih profesional. Dengan begitu maka upaya untuk mengejar target bisa terpenuhi.

     



    Editor : Rini Yustiningsih

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.