Pasien RSKI Unair Mayoritas Ber-KTP Surabaya

Di RSKI milik Rumah Sakit Airlangga sebanyak 205 pasien atau 86,7 persen pasien ber-KTP Surabaya

Pasien RSKI Unair Mayoritas Ber-KTP Surabaya Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya, Jawa Timur. (Antaranews.com)

    Madiunpos.com, SURABAYA -- Juru bicara Tim Satgas Corona Rumah Sakit Universitas Airlangga,  Alfian Nur Rasyid  membantah jika Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) milik mereka tidak memprioritaskan pasien dari Kota Surabaya.

    Bantahan tersebut disampaikan karena sempat muncul tudingan bahwa RSKI Unair tidak memprioritaskan pasien dari Kota Surabaya.

    "Di RSKI milik Rumah Sakit Airlangga sebanyak 205 pasien atau 86,7 persen pasien ber-KTP Surabaya. Sementara itu sisanya sebanyak 31 pasien berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur," kata Alfian dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu.

    Terapkan Kampung Tangguh Cegah Covid-19, Pemprov Jatim gandeng TNI-Polri

    Dia menegaskan, sampai saat ini yang dirawat di RSKI mayoritas penduduk Surabaya dan tidak benar bahwa RS Unair tidak memprioritaskan pasien dari Surabaya.

    "Pasien dari manapun, selama membutuhkan perawatan, akan diterima selama masih tersedia tempat tidur. Tanpa memandang suku, agama, jenis kelamin, asal daerah, dan lainnya," katanya.

    Dikatakan Alfian, rumah sakit juga sudah mempublikasikan data asal tempat tinggal pasien. Data tersebut menunjukkan bahwa masih banyak kasus yang ada pada penduduk Surabaya.

    Dirawat 12 Hari, Pasien Positif Corona di Ponorogo dari Klaster Temboro Sembuh

    Beberapa di antaranya masih di rumah dan mungkin tidak menyadari sakit atau mereka anggap ringan. "Mungkin suatu saat akan memberat dan perlu RS, sementara RS rujukan penuh semuanya," katanya.

    Dengan jumlah pasien yang ada saat ini, dokter spesialis paru-paru ini mengungkapkan kamar perawatan terus penuh.

    Beban Kerja Tenaga Kesehatan

    Saat ini, RS Unair menerapkan pemisahaan perawatan Covid-19 khusus di RSKI. Sementara untuk rawat inap dan rawat jalan RS Unair diperuntukkan pasien non-Covid-19 seperti semula.

    Viral Pedagang Buang Sayur di Malang

    "Saat ini ditambah berapapun kamar, RS rujukan se-Surabaya mengeluhkan tidak mampu menerima pasien lagi terkait Covid-19 termasuk d RSKI," ujarnya.

    Selain ruangan, jumlah tenaga kesehatan juga terbatas. Dengan jumlah pasien yang dilayani terus bertambah menyebabkan beban kerja tenaga kesehatan meningkat.

    "Ini tidak baik untuk pelayanan dan keselamatan pasien serta keselamatan tenaga kesehatan. Jam kerja makin lama dan tugas pekerjaan makin padat," pungkasnya.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.