Pemkot Kediri Klaim Lampaui Target Pajak 2019

Pendapatan pajak daerah di Kota Kediri tahun 2019 melebih target.

Pemkot Kediri Klaim Lampaui Target Pajak 2019 Ilustrasi pajak (Dok/Solopos)

    Madiunpos.com, KEDIRI -- Pemkot Kediri mengklaim berhasil mengumpulkan pajak 2019 melebihi target yang ditetapkan. Mereka mengumpulkan pajak Rp109.7 miliar atau 107,99 persen dari target Rp101,65 miliar.

    Seperti dilansir Antara, Selasa (24/12/2019), pajak tersebut didapatkan dari pajak hotel dengan realisasi Rp4,507 miliar melebihi target Rp4,22 miliar atau 107 persen. Pajak restoran dari target Rp19,05 miliar terealisasi sebesar Rp23,12 miliar atau 122 persen.

    Sementara PBB dari target Rp26 miliar realisasinya Rp26,787 miliar atau sudah mencapai target 101 persen. Pajak restoran bila dibanding tahun lalu sebesar Rp13 miliar, hingga pertengahan Desember 2019 sebesar Rp23,12 miliar, sehingga mengalami peningkatan 170 persen.

    Pemkot Kediri juga telah meresmikan e-SPTPD yakni aplikasi pelaporan pajak secara daring.

    Sementara itu, Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, mengajak seluruh elemen di Kota Kediri untuk berkolaborasi dan bekerja sama menumbuhkan perekonomian Kota Kediri. Untuk itu sistem yang baik harus dibangun.

    "Pendapatan Asli Daerah (PAD) harus diurus bersama. Suatu saat saya minta kepada bapak ibu untuk membuat festival, boleh sendiri, boleh dengan pemerintah, supaya orang-orang masuk ke sini dan spend money di sini. Kami sudah bangun tempat-tempat yang indah dan acara-acara yang keren sehingga orang ke Kediri harus homey dan cozy. Intinya harus jaga keasyikan di Kota Kediri. Kalau tidak, mereka tidak mau datang ke Kediri," katanya di Kediri, Selasa.

    Mas Abu, sapaan akrabnya, juga menjelaskan pembayaran pajak daerah sudah dibuat transparan yaitu dengan menyetor sendiri pajak bersangkutan langsung ke bank. Begitu pula terkait pelaporan pajak daerah yang semakin dipermudah dengan adanya e-SPTPD. Di mana pun dan kapan pun bisa melaporkan omzet usaha tanpa perlu datang ke kantor.

    "Cukup melalui aplikasi saja tidak perlu datang ke kantor. Sistem pembayarannya juga sudah mudah melalui bank," kata dia.

    Abu juga bangga target pajak telah terlampaui. Ia mengucapkan terima kasih kepada semua wajib pajak yang taat sehingga pendapatan pajak Kota Kediri meningkat dari tahun ke tahun.

    "Saya juga mohon kepada bapak/ibu mengupayakan semaksimal mungkin untuk mendahulukan pekerjanya dari Kota Kediri, agar bersama-sama menekan pengangguran di Kota Kediri. Kasihan juga kalau orang-orang di sekitar tempat usaha bapak ibu hanya gigit jari melihat pertumbuhan ekonomi. Tanggung jawab sosial juga sangat besar di sini," kata dia.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.