Penerbang Tempur TNI AU Dilengkapi NVG, Alat Canggih yang Digunakan Navy Seal AS

TNI Angkatan Udara akan membekali pesawat tempurnya dengan perlengkapan canggih pendukung personel yakni Night Vision Goggles (NVG).

Penerbang Tempur TNI AU Dilengkapi NVG, Alat Canggih yang Digunakan Navy Seal AS Para penerbang tempur Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi yang akan mengikuti latihan penggunaan NVG, Senin (21/10/2019). (Istimewa-Lanud Iswahjudi)

    Madiunpos.com, MAGETAN -- TNI Angkatan Udara akan membekali pesawat tempurnya dengan perlengkapan canggih pendukung personel yakni Night Vision Goggles (NVG). Alat ini memiliki kemampuan membantu penglihatan penerbang saat malam hari sehingga bisa melihat seperti di siang hari.

    Kepala Dinas Operasi dan Latihan TNI AU (Kadisoplatau), Marsma TNI Kusworo, mengatakan perlengkapan NVG ini akan berguna untuk meningkatkan pengalaman, pemahaman, dan peningkatan kemampuan penerbang tempur, khususnya penerbang tempur di Skadron Udara 15.

    "Kemajuan teknologi yang berkembang sangat pesat baik pesawat tempur maupun peralatannya. Para penerbang TNI AU harus memiliki kemampuan terbang malam hari," kata dia dalam siaran pers yang diterima Madiunpos.com, Senin (21/10/2019).

    Kusworo menyampaikan penerbang juga harus memiliki kemampuan terbang malam sama seperti terbang siang. Untuk itu penerbang tempur ini diberi alat bantu berupa NVG yang dapat membantu penglihatan penerbang saat malam hari.

    "Dalam latihan beberapa hari ke depan akan diadakan latihan ground school, basic NVG theory, NVG handling dan human performance using NVG, dan praktek terbang," kata dia.

    Marsma Kusworo menyampaikan dengan mengenakan helm berkemampuan NVG ini, para penerbang akan bisa melihat kondisi malam hari. Saat terbang malam, visibilitas penerbang akan semakin baik dan memiliki kemampuan lebih baik lagi.

    Ia berpesan kepada para penerbang untuk lebih kreatif dan inovatif selama melaksanakan latihan. Menurutnya, para penerbang jangan terpaku terhadap satu hal yang menjadi kebiasaan, tetapi bisa menemukan hal-hal baru yang dapat membangun dan meningkatkan kemampuan di masa yang akan datang.

    Komandan Lanud Iswahjudi, Marsma TNI Widyargo Ikoputra, meminta para penerbang untuk mengedepankan safety dalam setiap latihan dan bertindak sesuai prosedur.

    “Latihan NVG ini baru pertama kali diberikan bagi penerbang tempur TNI AU. Menurut rencana pelatihan akan berlangsung hingga 1 November 2019. Dan hari ini [kemarin] dimulainya latihan, kebetulan Skadron Udara 15 mendapat pertama kali untuk melaksanakan Night Vision Goggles (NVG) Trainning,” kata Danlanud.

    Night Vision Goggles (NVG) merupakan piranti yang sangat penting bagi operasi militer saat ini, terutama dalam operasi malam hari.

    Nigh Vision Goggles. (geekwire.com)
    Nigh Vision Goggles. (geekwire.com)

    Gambar di atas adalah NVG dengan empat tube yang digunakan tim Six, Navy Seal AS dalam operasi raid ke persembunyian Osama Bin Laden di Pakistan. Cara kerja NVG yaitu night vision menangkap thermal imaging.

    Thermal imaging adalah obyek yang terlihat memancarkan sinar infra merah. Sinar infra merah tersebut muncul pada setiap obyek yang memiliki energi, seperti panas tubuh. Sinar infra merah yang muncul membentuk obyek yang mudah dikenali.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.