Perbaikan Dam Sareng Madiun Dianggarkan Rp2 Miliar

Bangunan talut Dam Sareng di Desa Sareng, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, yang rusak dan ambrol segera diperbaiki. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun menganggarkan dana Rp2 miliar guna perbaikan Dam Sareng.

Perbaikan Dam Sareng Madiun Dianggarkan Rp2 Miliar Talut Dam Sareng di Desa Sareng, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, ambrol setelah hujan deras. (Antara-Istimewa)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Bangunan talut Dam Sareng di Desa Sareng, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, yang rusak dan ambrol segera diperbaiki. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun menganggarkan dana Rp2 miliar guna perbaikan Dam Sareng.

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Madiun Arnowo mengatakan anggaran sebesar Rp2 miliar tersebut bersumber dari dana hibah melalui program Integrated Participatory Development and Management Irrigation Project (IPDMIP).

    "Sesuai rencana, program perbaikan dilakukan pada tahun 2019 melalui sumber dana IPDMIP," ujar Arnowo kepada wartawan di Madiun, Jumat (23/11/2018).

    Dia menjelaskan, Pemkab Madiun sengaja mengajukan dana IPDMIP untuk perbaikan Dam Sareng karena program bantuan tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu dan hasil pertanian.

    Untuk itu, Dinas PUPR segera mengusulkan dan berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar dana bantuan hibah IPDMIP tersebut dapat terealisasi tahun depan. Selain itu, kata dia, proses perbaikan nantinya akan dilakukan secara bertahap karena perbaikan Dam Sareng meliputi beberapa sektor.

    "Di antaranya, perbaikan sektor bangunan utama dam, termasuk normalisasi dam itu sendiri. Serta perbaikan saluran-saluran pembawa yang ada di dalam dam," katanya.

    Arnowo menambahkan dalam pelaksanaan program IPDMID nantinya akan melibatkan Dinas Pertanian setempat. Itu karena fungsi Dam Sareng selain untuk menampung dan mengontrol air, juga dimanfaatkaan oleh petani di wilayah Kecamatan Dagangan dan Geger untuk pengairan lahan pertanian.

    Diberitakan sebelumnya, bangunan plensengan atau talut Dam Sareng di Desa Sareng, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur ambrol sepanjang 10 meter setelah hujan deras mengguyur kawasan setempat selama beberapa hari terakhir.

    Jika tidak segera diperbaiki hal itu akan mengganggu fungsi irigasi dari Dam Sareng. Sesuai data, Dam Sareng mampu memenuhi kebutuhan irigasi lahan pertanian seluas 866 hektare di wilayah Dagangan dan sekitarnya.

    Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.