Pesawat N219 Indonesia Siap Terbang 2015

Pesawat N219 Indonesia Siap Terbang 2015 Kapolri Jenderal Pol Sutarman (kiri) bersama Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro saat meninjau helikopter NBell 412 EP produksi PT Dirgantara Indonesia yang baru saja diserahkan, Selasa (17/12/2013). Dalam kesempatan yang sama PT DI juga menyerahkan pesawat angkut militer CN 295 dan helikopter NBell 412 EP untuk kebutuhan TNI AU dan TNI AD serta helikopter Dauphin untuk Badan SAR Nasional (Basarnas). (JIBI/SOLOPOS/Antara)

    Pesawat N219 buatan Indonesia siap terbang tahun depan. Pesawat ini bisa dimanfaatkan untuk angkutan dalam negeri.

    Madiunpos.com, KEDIRI--Menristek Muhammad Nasir menargetkan pesawat komersial N219 buatan dalam negeri bisa dimanfaatkan dan "terbang" untuk kebutuhan sarana angkutan udara dalam negeri pada akhir 2015.

    "Pertengahan 2015 masih riset dan akhir 2015 kami harapkan sudah terbang," katanya saat berkunjung ke Pondok Pesantren Al Ishlah, Kelurahan Bandarkidul, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur, Jumat (26/12/2014) sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara.

    Ia mengatakan pembuatan pesawat itu saat ini masih dikerjakan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan). Pesawat N219 memang dibuat dengan kapasitas terbatas, hanya 19 orang. Rencananya, pesawat itu memang dibuat untuk memenuhi kebutuhan domestik, terutama untuk penerbangan Indonesia bagian timur.

    "Untuk Indonesia timur, perlu penerbangan jangka pendek. Dengan kapasitas 19 orang, bisa menjangkau kota ataupun pulau kecil, dan tidak memerlukan landasan yang panjang," ujarnya.

    Pihaknya mengatakan riset dilakukan dengan maksimal. Riset tersebut juga akan terus berlanjut sampai sertifikasi penerbangan. Hal itu penting untuk menguji kelaikan pesawat tersebut.

    Terkait komponen pembuatan pesawat, Nasir mengatakan akan lebih banyak memanfaatkan komponen lokal dengan porsi 60 persen. Sementara itu, sisanya masih memerlukan impor.



    Editor : Rini Yustiningsih

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.