PILKADA 2015 : Calon Tunggal Bupati Songsong Pilkada Blitar dengan Berdoa

PILKADA 2015 : Calon Tunggal Bupati Songsong Pilkada Blitar dengan Berdoa Personel Satpol PP menyobek pamflet kampanye Pilkada 2015 di salah satu sudut jalan Kabupaten Blitar, Senin (7/12/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Irfan Anshori)

    Pilkada 2015 disongsong calon tunggal bupati Blitar Rijanto dengan menggelar doa bersama.

    Madiunpos.com, BLITAR — Calon tunggal bupati dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2015, Rijanto, menggelar doa bersama dan istigasah dengan warga di sebuah masjid, Kota Blitar, Jawa Timur menjelang hari pemungutan suara. Doa bersama itu megharapkan pelaksanaan Pilkada Blitar berjalan lancar.

    "Saya berharap [pemungutan suara] pilkada besok berjalan dengan aman dan lancar, dan hasilnya sesuai dengan yang diinginkan bersama," kata calon Bupati Blitar Rijanto, Selasa (8/2/2015) malam.

    Kegiatan doa bersama itu digelar di Masjid Baiturrohmn, Kelurahan Gedog, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar. Hadir dalam acara itu, puluhan orang jemaah masjid ikut berdoa bersama.

    Kegiatan doa bersama menjelang pemungutan suara Pilkada Kabupaten Blitar 2015 itu dipimpin tokoh agama setempat. Mereka dengan khusyuk mengikuti acara itu dari awal sampai akhir. Selain doa bersama, kegiatan itu juga disertai dengan istigatsah, berharap keselamatan dan kelancaran dalam melakukan berbagai kegiatan.

    Belum Tahu Calon
    Sehari menjelang pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Kabupaten Blitar 2015, Kantor Berita Antara melaporkan masih adanya warga yang belum mengetahui calon bupati dan calon wakil bupati di Kabupaten Blitar. Bahkan, mereka juga belum mengetahui tata cara pencoblosan pilkada dengan calon tunggal di Kabupaten Blitar.

    Maslam, salah seorang warga mengaku belum tahu bagimana model pencoblosan di pilkada ini. Namun, ia mengetahui jika calon kepala daerah di kabupaten ini hanya satu. "Saya sudah dapat undangan dan saya tahu jika calonnya satu, namun bagaimana mencoblos belum tahu," kata Maslam.

    Hal senada juga diungkapkan Jaelani, warga lain Kabupaten Blitar. Ia pun belum mengetahui model coblosan yang dilakukan dengan calon tunggal. "InsyaAllah saya datang, walaupun saya belum tahu persis model coblosannya," kata Jaelani.

    Calon Tunggal
    Kabupaten Blitar adalah satu dari tiga daerah dengan calon tunggal dalam pilkada. Dua daerah lainnya adalah Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Timor Tengah Utara di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

    Pilkada di Kabupaten Blitar diikuti 964.928 pemilih yang tersebar di seluruh kecamatan. Dalam pilkada ini, KPU juga menargetkan partisipasi pemilih mencapai 75%, lebih tinggi dari target partisipasi dalam pemilu sebelumnya yang hanya 72%.

    KPU Kabupaten Blitar hanya menerima satu pendaftar, yaitu calon Bupati-Wakil Bupati yaitu Rijanto (pejabat kini wakil bupati Blitar) - Marhaenis. Keduanya didukung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerindra.



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.