PILKADA 2015 : KPU Distribusikan dan Bakar Surat Suara Pilkada Ngawi

PILKADA 2015 : KPU Distribusikan dan Bakar Surat Suara Pilkada Ngawi Ilustrasi aktivitas pegawai KPU menyiapkan logistik pemilu (JIBI/Solopos/Dok.)

    Pilkada 2015 disongsong KPU Ngawi dengan membakar dan menyebar surat suara.

    Madiunpos.com, NGAWI — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Selasa (8/12/2015), membakar 9.570 lembar surat suara dan mengirimkan 783.839 surat suara lainnya kepada panitia-panitia pemungutan suara di berbagai wilayah kabupaten itu.

    Pemusnahan ribuan lembar surat suara Pilkada Kabupaten Ngawi 2015 itu dilakukan terhadap surat suara yang rusak, Pemusnahan dengan cara dibakae itu dilakukan untuk mengantisipasi kecurangan saat pencoblosan berlangsung, Rabu (9/12/2015).

    "Pemusnahan tersebut sebagai wujud transparansi terkait pencetakan dan pengadaan surat suara Pilkada Ngawi. Ini juga salah satu upaya untuk mencegah kecurangan pemungutan suara," ujar Ketua KPU Ngawi Syamsul Wathoni kepada wartawan di Ngawi, Selasa.

    Menurut dia, pemusnahan dilakukan di halaman Kantor KPU Ngawi dengan melibatkan berbagai elemen Pilkada Kabupaten Ngawi 2015, seperti Panwaslu, kepolisian, tim sukses masing-masing pasangan calon, dan pihak terkait lainnya.

    Kerusakan surat suara tersebut di antaranya adalah gambar salah satu pasangan calon terpotong, kartu suara tidak simetris, robek, ataupun cetakannya agak buram.

    Dikawal Polisi
    Di sisi lain, sebanyak 783.839 surat suara yang akan digunakan Pilkada 2015 telah didistribusikan ke 217 desa yang ada di Kabupaten Ngawi. "Saat ini surat suara yang akan digunakan pilkada telah disimpan di masing-masing kantor desa. Surat suara tersebut akan didistribusikan ke masing-masing TPS pada malam hari menjelang pemungutan suara dengan pengamanan ketat dari TNI dan Polri," ungkap Kapolres Ngawi AKBP Suryo Sudarmadi.

    Data KPU Ngawi mencatat, jumlah TPS yang akan digunakan untuk Pilkada Ngawi nanti mencapai 1.545 TPS. Jumlah tersebut sama dengan jumlah TPS yang digunakan untuk Pemilihan Presiden pada tahun 2014 lalu. Sedangkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Ngawi mendatang mencapai 731.794 orang. Adapun, pilkada Ngawi akan diikuti oleh dua pasangan calon.

    Komisioner KPU Ngawi Aman Ridho Hidayat mengatakan distribusi logistik pemilu untuk Pilkada Kabupaten Ngawi 2015 dilakukan dengan pengamanan ketat anggota Panwaslu, TNI, dan Polri setempat. "Pendistrubusian dari tingkat PPK ke PPS ditargetkan satu hari selesai. Untuk menghindari basah akibat hujan, distribusi logistik pilkada disarankan dilakukan pagi hari," ujar Aman Ridho Hidayat.

     

    KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
    KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.