PILKADA 2015 : KPU Klaim Persiapan Pilkada Serentak Sesuai Jadwal

PILKADA 2015 : KPU Klaim Persiapan Pilkada Serentak Sesuai Jadwal Surat suara Pilkada Kabupaten Kediri 2015. (JIBI/Solopos/Antara/Prasetia Fauzani)

    Pilkada 2015 diklaim komisoner KPU telah berlangsung sesuai jadwal tahapan-tahapan sehingga pemungutan suara dipastikan sesuai jadwal yang telah ditetapkan, 9 Desember 2015.

    Madiunpos.com, NGAWI —   Komisioner KPU Juri Ardiantoro mengakui adanya sejumlah persoalan yang menghambat persiapan Pilkada 2015 yang dijadwalkan serentak di 269 daerah di seluruh Indonesia. Namun, secara umum persiapan itu berjalan lancar sehingga pemungutan suara dipastikan sesuai jadwal yang telah ditetapkan, 9 Desember 2015.

    Hal itu diungkapkan Juri Ardiantoro saat menghadiri kegiatan konsolidasi penyelenggara Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Rabu (2/12/2015). "Memang masih ada sejumlah persoalan yang menghambat jalannya tahapan, di antaranya adalah masalah status pasangan calon kepala daerah. Namun, secara umum persiapan pilkada serentak sudah sesuai jadwal," ujar Juri Ardiantoro kepada wartawan.

    Menurutnya, selain tahapan kampanye, 269 daerah penyelenggara Pilkada 2015 kini sedang melakukan proses penyiapan logistik pemilu. Sekitar 96% atau 258 daerah sudah menerima logistik secara lengkap dan sebagian besar bahkan sudah mulai mendistribusikannya. Sedangkan 254 daerah atau sekitar 94% sudah menyelesaikan penyortiran logistik dan memasukkannya ke kotak suara.

    Ia berharap tahapan Pilkada 2015 terus berjalan lancar hingga pada masa tenang dan seluruh logistik pemilu dapat didistribusikan ke tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) sesuai jadwal.

    Libur Nasional
    Juri Ardiantoro menambahkan, demi mendorong peningkatan partisipasi pemilih saat Pilkada 2015 ini, Presiden Joko Widodo telah menetapkan tanggal 9 Desember sebagai hari libur nasional. Libur itu nantinya bukan hanya untuk daerah yang sedang menyelenggarakan pilkada, namun juga berlaku bagi daerah lain yang tidak sedang menggelar pilkada.

    Selain melakukan kegiatan konsolidasi, kedatangan komisioner KPU RI ke Ngawi tersebut juga untuk meninjau perkembangan pelaksanaan tahapan pilkada serentak di wilayah setempat. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh anggota penyelenggara Pilkada Ngawi, baik dari tingkat kabupaten hingga desa. Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh komisioner KPU dari wilayah sekitar, seperti KPU Magetan, KPU Madiun, Panwaslu, dan aparat keamanan setempat.

    Ngawi Lancar
    Pelaksanaan Pilkada 2015 yang dilaksanakan serentak secara nasional, termasuk di Kabupaten Ngawi diharapkannya berjalan lancar dan sukses. Masyarakat yang memiliki hak pilih diimbau untuk memberikan suaranya pada hari pemungutan suara 9 Desember mendatang.

    Sementara itu, Ngawi merupakan satu dari 269 daerah yang akan menyelenggarakan pilkada serentak di Tanah Air. Pilkada Ngawi akan diikuti oleh dua pasangan calon, yakni, nomor urut satu pasangan petahana, Budi Sulistyono-Ony Anwar, yang didukung oleh PDIP, Golkar, PKS, PKB, Gerindra, PAN, Nasdem, Hanura, serta Demokrat. Dan nomor urut dua, pasangan dari jalur perseorangan, Agus Bandono-Adi Susilo.

     

    KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
    KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.