PILKADA 2015 : KPU Naikkan Targetkan Partisipasi Pemilih Hingga 77,5%

PILKADA 2015 : KPU Naikkan Targetkan Partisipasi Pemilih Hingga 77,5% Ketua KPU Pusat Husni Kamil Manik di tengah para komisioner KPU Jatim. (JIBI/Solopos/Antara)

    Pilkada 2015 di Jatim diharapkan membukukan partisipasi pemilih hingga 77,5%.

    Madiunpos.com, BLITAR — Komisi Pemilihan Umum (KPU) menargetkan partisipasi masyarakat sebagai pemilih dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2015 yang pemungutansuaranya digelar serentak, 9 Desember 2015, mencapai 77,5 persen. Angka itu lebih tinggi dari target pemilu legislatif yang hanya 75%.

    "Kami optimistis target itu tercapai. Pada pilkada ini, target kami 77,5%," kata Ketua KPU Husni Kamil Manik yang ditemui wartawan dalam acara Sosialisasi PKPU No. 14/2015 di hotel di Kota Blitar, Jawa Timur, Rabu (4/10/2015).

    Husni Kamil Manik mengatakan, KPU terus melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan Pilkada 2015 yang pemungutansuaranya digelar serentak, 9 Desember 2015 itu. Sosialisasi bukan hanya dilakukan terhadap tokoh masyarakat, tapi juga pada masyarakat langsung sebagai pemilih.

    Lebih lanjut, Husni Kamil juga mengatakan sosialisasi Pilkada 2015 yang pemungutansuaranya digelar serentak, 9 Desember 2015 juga gencar dilakukan, terutama pada tiga daerah yang melakukan pilkada dengan calon tunggal, yaitu Kabupaten Blitar, Timor Tengah Utara, dan Tasikmalaya.

    Sosialisasi itu, kata dia, lebih terkait pada mekanisme pelaksanaan Pilkada 2015, salah satunya teknik pemberian hak suara, dengan sistem setuju atau tidak setuju. Nantinya, setiap pemilih akan memberikan hak suaranya dengan mencoblos surat suara untuk setuju atau tidak setuju dengan calon tunggal itu.

    Blitar Targetkan 75%
    Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Blitar Imron Nafifah mengatakan memang sengaja mengundang KPU untuk sosialisasi terkait dengan Pilkada 2015 dengan calon tunggal. Ia berharap, masyarakat semakin tahu mekanisme pilkada dengan calon tunggal ini.

    "Kami berharap, dengan kegiatan ini masyarakat menjadi lebih tahu dan bisa bertanya langsung ke Ketua KPU Pusat," katanya.

    Ia juga mengatakan, target partisipasi pemilih di kabupaten ini nantinya bisa mencapai 75%, lebih tinggi dari target partisipasi dalam pemilu sebelumnya yang hanya 72%. "Jadi saya inginkan sampai 75%, mudah-mudahan bisa mempertahankan," harapnya.

    KPU Kabupaten Blitar hanya menerima pendaftaran satu pasangan calon dala Pilkada 2015, yaitu petahana Wakil Bupati Blitar Rijanto dan pasangannya Marhaenis. Keduanya didukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerindra.



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.