PILKADA 2015 : KPU Tetapkan 731.794 Nama di DPT Pilkada Ngawi

PILKADA 2015 : KPU Tetapkan 731.794 Nama di DPT Pilkada Ngawi Ilustrasi daftar pemilih pemilihan umum. (JIBI/Solopos/Dok.)

    Pilkada Ngawi siap digelar, 731.794 nama telah ditetapkan sebagai pemilih tetap.

    Madiunpos.com, NGAWI — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ngawi, Sabtu (3/10/2015), menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2015 di Kabupaten Ngawi yang berisi 731.794 nama.

    Ketua KPU Ngawi, Syamsul Wathoni, Sabtu itu, mengatakan jumlah pemilih tersebut menurun jika dibandingkan dengan daftar pemilih sementara (DPS) pilkada yang ditetapkan sebulan lalu. Kala itu, jumlah warga yang dinominasikan sebagai pemilih mencapai 738.134 nama.

    "Jumlah DPT Pilkada Ngawi yang mencapai 731.794 pemilih tersebut, turun 6.340 orang dari daftar pemilih sementara yang mencapai 738.134 pemilih," ungkap Syamsul Wathoni kepada wartawan seusai Rapat Pleno KPU Penetapan DPT Pilkada Ngawi.

    Penurunan tersebut, lanjut Wathoni, disebabkan karena adanya perbaikan daftar pemilih yang dilakukan oleh petugas KPU, termasuk adanya pemilih ganda yang terdapat di beberapa daerah, seperti di Kecamatan Karanganyar dan lainnya.

    Banyak Pemilih Pemula
    Sementara, jika dibandingkan dengan Pilpres 2014, jumlah DPT yang ditetapkan sebanyak 731.794 nama tersebut mengalami peningkatan sekitar 6.004 nama dari DPT Pilpres lalu yang berisi 725.790 nama. Peningatan tersebut disebabkan karena beberapa faktor, di antaranya banyaknya jumlah pemilih pemula pada Pilkada Ngawi mendatang.

    Menurut dia, DPT yang ditetapkannya tersebut merupakan hasil dari pencocokkan dan penelitian Daftar Potensial Penduduk Pemilih Pemilu (DP4) Kabupaten Ngawi. Berdasarkan data Kemendagri, DP4 Ngawi mencapai 690.783 orang dari 881.532 orang jumlah total penduduk.

    Setelah coklit itu, data tersebut kemudian divalidasi oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dari tingkat desa, kecamatan, hingga kabupaten dan diperoleh DPS berisi 738.134 nama. Kini, setelah dilakukan sejumlah perbaikan kembali oleh petugas pemutakhiran data pemilih, jumlah DPT ditetapkan berisi 731.794 nama.

    Terbuka Perbaikan
    Setelah ini, KPU Ngawi akan memasang pengumuman DPT tersebut di semua kantor desa yang ada guna mendapatkan masukan dan perbaikan dari masyarakat.

    Pilkada Ngawi 2015 akan diikuti oleh dua pasangan calon, yakni peserta nomor urut satu pasangan petahana, Budi Sulistyono-Ony Anwar, yang didukung oleh PDIP, Golkar, PKS, PKB, Gerindra, PAN, Nasdem, Hanura, serta Demokrat. Sedangkan peserta nomor urut dua, pasangan dari jalur perseorangan, Agus Bandono-Adi Susilo. Keduanya akan bertarung merebut simpati masyarakat Ngawi pada pemungutan suara yang digelar 9 Desember 2015 mendatang.

     

    KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.