PILKADA JAWA TIMUR 2018 : Puti Guntur Berziarah ke Makam Kakek Buyut di Tulungagung

PILKADA JAWA TIMUR 2018 : Puti Guntur Berziarah ke Makam Kakek Buyut di Tulungagung Calon Wakil Gubernur Jatim Puti Guntur Soekarno menabur bunga di pusara makam leluhur di kompleks TPU Kepatihan, Tulungagung, Senin (26/2/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Destyan Sujarwoko)

    Pilkada Jawa Timur 2018, Puti Guntur Soekarno berziarah ke makam kakek buyutnya di Tulungagung.

    Madiunpos.com, TULUNGAGUNG -- Agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur (Jatim) kini masuk dalam tahapan kampanye. Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno mengawali rangkaian kegiatan kampanye di wilayah eks-Keresidenan Mataraman dengan berziarah ke makam salah satu leluhurnya di Tulungagung.

    Puti datang ke Tulungagung didampingi anggota DPR, Eva Sundari, serta pasangan calon Bupati Tulungagung nomor urut 2, Syahri Mulyo dan Maryoto Bhirowo, Senin (26/2/2018).

    Begitu sampai di Tempat Pemakaman Umum Kepatihan, Puti menuju makam leluhurnya, Hardjodikromo. Kemudian Puti melanjutkan tabur bunga ke pusara Sarinah, pengasuh masa kecil Presiden ke-1 RI Seokarno yang berada di kompleks pemakaman yang sama.

    "Kalau boleh dibilang punya darah asli Tulungagung. Leluhur saya, asalnya dari sini," kata Puti menjelaskan alasan memilih berziarah sebelum memulai rangkaian kampanye di sejumlah tempat di Tulungagung bertemu massa pendukungnya.

    Ia menjelaskan Hardjodikromo merupakan eyang buyut Puti. Kakek dari kakeknya, Soekarno.

    Puti sempat melakukan tabur bunga bersama Eva Sundari, didampingi sejumlah tokoh adat setempat, sebelum melanjutkan ziarah ke makam Sarinah, pengasuh Seokarno saat asih kecil.

    "Sarinah itu menjadi salah satu sosok perempuan yang sangat dikagumi, dihormati Bung Karno, dan menjadi sumber inspirasi dalam perjuangan beliau, sehingga menjadi sangat dekat dengan rakyat," tutur Puti.

    Dari buku berjudul Sarinah yang ditulis kakeknya Soekarno itulah, Puti mengaku kagum dengan sosok emban (pengasuh) yang disebutnya sebagai sosok yang inspiratif dan sangat berpengaruh terhadap tokoh proklamator tersebut.

    Selesai melakukan aksi tabur bunga ke pusara makam leluhur dan Sarinah, Puti bersama Eva dan Pasangan Calon Bupati Syahri Mulyo-Maryoto Bhirowo melanjutkan kegiatan dengan melakukan serangkaian kampanye tatap muka dengan kelompok-kelompok massa pendukungnya.

    Dikonfirmasi terpisah, Cabup Syahri Mulyo mengapresiasi kunjungan Cawagub Puti Soekarno di Tulungagung.

    "Kami mempunyai keinginan bisa linier, antara Syahri-Maryoto dengan Gusti (Gus Ipul-Mbak Puti). Kebetulan nomor urutnya sama, sehingga memudahkan sosialisasi ke masyarakat. Dan pasangan ini sama-sama merah-putih, sehingga saya juga yakin bisa saling mengisi ketika masyarakat memilih Syahri-Maryoto juga akan memilih Gus Ipul-Mbak Puti," kata Syahri.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.