PILKADA JAWA TIMUR : Ibu Nyai Ponpes se-Kabupaten Gresik Dukung Gus Ipul Jadi Cagub

PILKADA JAWA TIMUR : Ibu Nyai Ponpes se-Kabupaten Gresik Dukung Gus Ipul Jadi Cagub Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul (Antara)

    Pilkada Jawa Timur akan dilaksanakan 2018 mendatang.

    Madiunpos.com, GRESIK -- Kalangan ibu nyai pengasuh pondok pesantren (ponpes) se-Kabupaten Gresik dan aktivis perempuan di wilayah setempat menyatakan dukungan terhadap Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai bakal calon Gubernur Jawa Timur dalam Pilkada 2018 mendatang.

    Dukungan itu disampaikan dalam deklarasikan di Pondok Pesantren Munawar Daruttaqwa, Kecamatan Suci, Kabupaten Gresik, Selasa (27/12/2017).

    "Saya sangat bangga dengan dukungan para ibu nyai pengasuh pesantren se-Gresik ini, sebab dilakukan secara spontan untuk mendeklarasikan diri mendukung saya," kata Gus Ipul di Gresik, Selasa.

    Gus Ipul mengatakan deklarasi di Gresik ini merupakan yang ketujuh setelah deklarasi yang sama dilakukan di Bangkalan, Kediri, Situbondo, Jember, Malang, dan Nganjuk.

    Gus Ipul mengaku selain dirinya diperintah khusus para kiai, calon wakil gubernur Abdullah Azwar Anas yang bakal mendampingnya juga merupakan kader terbaik Nahdlatul Ulama (NU).

    "Mas Anas ini telah terbukti sebagai bupati yang berhasil mengentaskan kemiskinan di Banyuwangi paling cepat. Ini nanti yang akan kami teruskan untuk diterapkan di Jawa Timur," kata dia.

    Sementara itu, Pimpinan Pesantren Munawar yang juga tuan rumah acara, K.H. Ainul Muttakin, mengatakan deklarasi Ibu Nyai ini merupakan permintaan dari Ibu Nyai sendiri.

    "Kami tuan rumahnya. Kami melihat Gus Ipul ini adalah pemimpin amanah, jadi kami gembira menjadi tuan rumah," ujarnya.

    Apalagi, kata dia, sesaat sebelum meninggal, ayahnya yang juga pendiri pesantren Daruttaqwa, K.H. Munawar Adnan Cholil pernah berpesan dan minta Gus Ipul untuk mencalonkan diri sebagai gubernur dan berjanji akan mendukungnya.

    "Romo Kiai Munawar memiliki hubungan emosional dengan Gus Ipul, sebelum meninggal, pejabat Pemerintah yang datang adalah Gus Ipul beliau sempat 'dawuh', Gus nyalono maneh tak dukung (Gus kamu mencalonkan lagi tak dukung)," ujarnya.

    Dalam kesempatan itu, Ketua DPW PKB Jawa Timur Abd Halim Iskandar mengatakan pencalonan Gus Ipul merupakan hasil dari musyawarah para kiai sehingga tidak ada alasan bagi warga NU untuk tidak mendukung Gus Ipul.

    "Hari ini saya akan dipanggil para kiai sepuh di Pesantren Lirboyo. Saya diminta melaporkan kondisi lapangan untuk mengecek perintah kiai-kiai sepuh tentang pencalonan Gus Ipul," ujar Halim.

     



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.