Pilkada Surabaya, PDI Perjuangan Dikeroyok 8 Parpol

Pasangan Machfud-Mujiaman diusung delapan parpol dengan total 31 kursi di DPRD Surabaya, sedangkan Eri-Armuji diusung PDIP dan kemungkinan PSI dengan total 19 kursi.

Pilkada Surabaya, PDI Perjuangan Dikeroyok 8 Parpol Calon Wali Kota Surabaya, Machfud Arifin (kiri), dan Eri Cahyadi. (Detikcom)

    Madiunpos.com, SURABAYA – Pasangan Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno yang didukung banyak partai politik (parpol) akan head to head melawan jagoan PDIP, Eri Cahyadi-Armuji, pada Pilkada 2020.

    Sedangkan satu pasangan independen Yasin-Gunawan, berkas perbaikannya ditolak KPU Surabaya. Meski sempat ke Bawaslu Surabaya, namun juga ditolak. Status calon independen hari ini masih menggugat di PTUN. Bila melihat batas waktu pendaftaran, kemungkinan besar Pilwali Surabaya hanya diikuti dua calon.

    Pilkada Surabaya akan memasuki fase pendaftaran di KPU pada 4-6 September 2020. Hingga hari ini, hanya ada dua pasangan calon (paslon) yang akan bertarung pada 9 Desember 2020 untuk menggantikan Tri Rismaharini sebagai Wali Kota Surabaya.

    Gubernur Jatim Khofifah Tegaskan Tak Ada Keluarganya Maju Pilkada

    Bagaimana peta kekuatan kedua paslon itu? 10 Parpol yang memiliki kursi di DPRD Kota Surabaya sudah memutuskan dukungan masing-masing ke jago mereka.

    Pasangan Machfud-Mujiaman saat ini diusung delapan parpol yang memiliki kursi di DPRD Surabaya. Parpol tersebut yakni PKB (5 kursi), Golkar (5 kursi), Gerindra (5 kursi), PKS (5 kursi), Demokrat (4 kursi), NasDem (3 kursi), PAN (3 kursi), dan PPP (1 kursi). Total ada 31 kursi parpol di DPRD Surabaya yang mendukung Machfud-Mujiaman.

    Pasangan Eri-Armuji hanya diusung PDIP karena memiliki 15 kursi. Namun, setelah deklarasi dilakukan pasangan Eri-Armuji, PSI yang memiliki 4 kursi di DPRD kabarnya juga akan memberikan dukungan. Otomatis pasangan Eri-Armuji akan didukung 19 kursi di DPRD Kota Surabaya dengan perincian PDIP 15 kursi dan PSI 4 kursi.

    Digaji Rp125.000, Ratusan Anggota BPD di Kediri Demo

     

    Di Atas Kertas

    Soal latar belakang para calon di Surabaya, Machfud Arifin (MA) adalah mantan Kapolda Kalimantan Selatan, Kapolda Maluku, dan Kapolda Jawa Timur. MA juga menjadi Ketua Tim Pemenangan Daerah (TKD) Jawa Timur Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019 lalu. Sedangkan Mujiaman adalah Mantan Direktur PDAM Surya Sembada Surabaya.

    Sementara Eri Cahyadi saat ini adalah Kepala Bappeko Surabaya dan Armuji adalah Anggota DPRD Jawa Timur periode 2019-2024. Dari hitung-hitungan di atas kertas, dengan didukung delapan parpol Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno akan mendapatkan total suara sebesar 857.738 yang didapat pada pemilu lalu dengan perincian:

    Tabrakan dengan Truk di Jombang, Moge Harley-Davidson Rusak Berat

    1. Golkar: 115.129
    2. Gerindra: 128.016
    3. Demokrat 119.78
    4. PKS: 116.137
    5. PKB: 153.509
    6. NasDem: 86.264
    7. PAN: 78.263
    8. PPP: 56.342

    Sedangkan PDIP, sebagai partai pengusung Eri Cahyadi-Armuji mempunyai suara sebesar 418.873.

    Ganjar Ingin Tambah Layanan Angkutan Aglomerasi di Jateng



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.