Planet Mars Dekati Bumi, Bahayakah bagi Bumi?

Selasa (6/10/2020) planet Mars mendekati bumi. Hal itu tidak akan berbahaya bagi makhluk bumi karena bumi dan Mars memiliki orbit yang sedikit elips dan itu yang membuat bumi dan Mars bisa sangat dekat satu sama lain tetapi tidak bertabrakan.

Planet Mars Dekati Bumi, Bahayakah bagi Bumi? Ilustrasi posisi Mars dan Bumi berdekatan. (liputan6.com)

    Madiunpos.com, MADIUN – Fenomena alam luar biasa terjadi Selasa (6/10/2020). Pasalnya planet Mars akan mendekati bumi. Fenomena ini cukup langka, dan baru akan terjadi lagi 15 tahun ke depan.

    Jarak Mars ke Bumi hanya 62,1 juta kilometer. Ini adalah jarak terdekat selama 15 tahun ke depan. Anda bisa menyaksikan planet Mars yang cerah dan besar sempurna pada malam hari.

    Jika Anda melihat langit dan menyaksikan titik terang, maka itulah planet Mars. Pengamat bintang bisa menikmati Mars dengan teleskop atau melihatnya langsung. Jika beruntung, Anda dapat melihat Jupiter dan Saturnus yang bersinar terang lebih dekat ke cakrawala.

    Duh, Truk Pos Indonesia Digunakan Mengangkut Kayu Ilegal di Madiun

    Melansir dari bisnis.com, Mars akan memiliki jarak minimal 38,6 juta mil (62 juta kilometer), yaitu sekitar 3 juta mil lebih jauh daripada tahun 2018. Pada tahun 2018 lalu, jarak antara Mars dan bumi sekitar 35,8 mil, atau lebih dekat dibandingkan tahun ini.

    Mars memiliki reputasi sebagai planet merah, tetapi warnanya di langit malam lebih mirip spektrum Halloween. Tampak sebagai titik merah jingga terang bagi mata telanjang, seperti titik kecil karat yang berkilauan.

    Lantas, apakah fenomena ini membahayakan bumi? Dilansir dari berbagai sumber, fenomena ini tidak akan membahayakan bumi.

    Waspada, Gempa Guncang Gunungkidul dan Lumajang

     

    Tak Bertabrakan

    Bumi dan Mars memiliki orbit yang sedikit elips. Ini yang membuat bumi dan Mars bisa sangat dekat satu sama lain tetapi tidak bertabrakan. Pertemuan terdekat yang mungkin terjadi adalah ketika bumi berada paling jauh dari Matahari (aphelion) dan Mars paling dekat dengan Matahari (perihelion).

    Pada titik tersebut, jarak keduanya paling sedikit 54,6 juta kilometer. Konfigurasi ini disebut oposisi, dan itu terjadi setiap dua tahun atau lebih. Jarak planet Mars dengan bumi terdekat diprediksi akan terjadi pada tahun 2035 dengan jarak 56,9 juta km.

    Bagi warga yang ingin mengamati fenomena tersebut tidak perlu khawatir. Fenomena tersebut tidak akan menimbulkan efek yang berbahaya bagi para penghuni bumi.

    Menikahi Wanita Lansia 68 Tahun, Pria 32 Tahun Ini Dapat Uang Rp801 Juta



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.