POLISI MADIUN : Kapolsek Ini Tiru Hotel Agar Dekat dengan Masyarakat

POLISI MADIUN : Kapolsek Ini Tiru Hotel Agar Dekat dengan Masyarakat Kapolsek Jiwan Madiun, AKP Setiono (paling kiri).(Humas Polresta Madiun)

    Polisi Madiun melakukan berbagai terobosan guna mendekatkan diri dengan masyarakat. Salah satunya mereka menugaskan staf PR di masyarakat layaknya pengelolaan hotel. Wow!

    Madiunpos.com, MADIUN – Polisi di Kabupaten Madiun rupanya tak mau kalah dengan para pengelola hotel. Mereka melakukan strategi yang tak kalah menarik dalam mendekati masyarakat.

    Salah satunya dilakukan oleh AKP Setiono, Kapolsek Jiwan, Kabupaten Madiun. Akhir-akhir ini, pria asli Madiun ini rupanya memberikan pembekalan khusus kepada anak buahnya yang bertugas sebagai Bintara pembinanaan dan keamanan ketertiban masyarakat (Babinkantibmas).

    Mereka tak hanya diminta mendekat dan menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat. Para polisi ini sekaligus diminta menjadi staf publik relation (PR) polsek dalam berbagai urusan, seperti mengurus surat kehilangan, mengurus pengaduan dan laporan, hingga pengajuan surat izin acara.

    “Kami ingin polisi dan masyarakat itu tak berjarak. Masyarakat bisa kapan pun menemui polisi di Mapolsek,” kata Setiono saat berbincang dengan Madiun Pos di ruang kerjanya, Selasa (17/3/2015).

    Hasilnya, sangat terasa sekali perubahannya. Masyarakat, kata Setiono, banyak yang menjalin mitra dengan polisi dalam berbagai hal. Mereka pun merasa dipermudah segala urusan yang berkaitan dengan polisi, seperti dalam kelengkapan berkas laporan, surat izin, dan meminta surat keterangan.

    “Sebab, sebelum ke Mapolsek, mereka sudah menjalin komunikasi dengan PR kami di lapangan yang bertugas sebagai Babinkantibmas,” paparnya.

    Manfaat lainnya, kata Setiono, masyarakat menjadi mitra polisi dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat. Dalam beberapa kejadian, kata dia, masyarakatlah yang menjadi pihak pertama melaporkan adanya peristiwa atau hal yang dianggap meresahkan.

    “Jadi, masyarakat seolah sudah menjadi keluarga polisi. Begitu ada apa-apa, mereka langsung lapor kepada kami tanpa sungkan,” imbuhnya.

    Kapolresta Madiun, AKBP Farman sebagai pucuk pimpinan  juga telah mengintruksikan langsung kepada anak buahnya agar menjadi PR di tengah masyarakat. Masyarakat bahkan bisa langsung kirim pesan kepada Kapolres atau Kapolsek di Madiun melalui nomor ponsel yang telah dibagikan.



    Editor : Aries Susanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.