Posisi Hilal saat Matahari Terbenam 3,59 Derajat, Besuk Mulai Puasa Ramadan

Dalam kesepakatan tersebut, Menteri Agama menyatakan puasa Ramadan 1442 Hijriah akan dimulai sejak Selasa subuh.

Posisi Hilal saat Matahari Terbenam 3,59 Derajat, Besuk Mulai Puasa Ramadan Tim Hisab Rukyat Kantor Wilayah (Kanwil) Agama Provinsi DKI Jakarta memantau hilal awal Ramadhan 1441 H di atap Gedung Kanwil Agama DKI Jakarta, Jatinegara, Jakarta, Kamis (23/4). (Suara.com/Angga Budhiyanto)

    Madiunpos.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan awal 1 Ramadan 1442 Hijriah atau dimulainya awal puasa 2021 pada Selasa (13/4/2021). Keputusan tersebut diputuskan setelah melalui sidang isbat di Kantor Kementerian Agama dan disiarkan melalui video conference pada Senin (12/4/2021) malam.

    Penetapan awal puasa tersebut berdasarkan kesepakatan semua pihak dan tidak ada yang berbeda pendapat.

    "Tanpa ada perbedaan, kami bersepakat kami menetapkan 1 Ramadan jatuh pada tanggal 13 April 2021 Selasa besok pagi," ujar Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, dalam YouTube Kementerian Agama, Senin (12/4/2021).

    Tas Diduga Bom Diledakkan di DPRD Kota Kediri

    Dalam kesepakatan tersebut, Menteri Agama menyatakan puasa Ramadan 1442 Hijriah akan dimulai sejak Selasa subuh. "Malam ini sudah bisa tarawih. Subuh sudah mulai ibadah puasa," katanya.

    Sidang Isbat juga dihadiri Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto dan MUI. Sidang juga diikuti perwakilan ormas melalui aplikasi daring.

    Sebelumnya, penentuan awal kalender Ramadan 1442 Hijriah dilaporkan Kementerian Agama (Kemenag) yang menerima referensi terlihatnya hilal di wilayah Indonesia pada Senin (14/2/2021).

    Lia Eden Meninggal, Tetap Yakin Mendapat Bimbingan Malaikat Jibril

     

    Hilal Terlihat

    Anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama Cecep Nurwendaya memaparkan posisi hilal Awal Ramadan 1442H.

    "Ada referensi bahwa hilal awal Ramadhan 1442 Hijriah hari Senin tanggal 12 April 2021 dapat teramati dari wilayah Indonesia," katanya di Gedung Kemenag, Jakarta Pusat pada Senin (12/4/2021).

    Dia mengemukakan ijtimak terjadi pada Senin pagi sekira pukul 09.31 WIB. Kemudian saat matahari terbenam, di seluruh Indonesia sudah terjadi ijtimak atau konjungsi.

    Kemenristek Dilebur ke Kemendikbud, Bambang Brodjonegoro Sedih

    "Hilal awal Ramadan sudah cukup tua, umurnya sudah lebih delapan jam. Di Indonesia hilal berada pada posisi signifikan untuk dilihat," katanya.

    Dia mengemukakan, dari Pos Observasi Bulan (POB) Cibeas Palabuhanratu, posisi hilal sudah terlihat. "Untuk di Pos Observasi Bulan [POB] Cibeas Pelabuhan Ratu, posisi hilal saat terbenamnya matahari pada posisi 3,59 derajat dengan umur bulan 8 jam 23 menit, 12 detik," katanya.

    Dengan demikian, dia mengatakan hilal awal Ramadan 1442 H pada Senin ini sudah memenuhi kriteria visibilitas hilal yang ditetapkan MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) dengan ketinggian minimal 2 derajat, elongasi bulan ke matahari minimal 3 derajat atau umur hilal minimal 8 jam.

    BMKG Minta Jatim Waspadai Longsor dan Banjir Bandang



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.