PRASASTI BOJONEGORO : Inilah Penyebab Batu Raksasa di Alun-Alun Dikunjungi Banyak Orang

PRASASTI BOJONEGORO : Inilah Penyebab Batu Raksasa di Alun-Alun Dikunjungi Banyak Orang Sebuah batu raksasa yang akan dijadikan prasasti di alun-alun Kabupaten Biojonegoro, Jatim. (Foto istimewa, Antara)

    Prasasti Bojonegoro berupa batu raksasa seberat 80 ton membuat penasaran banyak warga. Ada apa?

    Madiunpos.com, BOJONEGORO—Batu raksasa jenis Andesit yang kini diletakkan di depan Kantor Pemkab Bojonegoro itu diberi nama Batu Semar.

    Nama Semar rupanya tak bisa dipisahkan dari asal muasal batu tersebut sebelum diangkut ke kawasan Alun-Alun Bojonegoro.

    Sebelum dibawa ke pusat Kota Ledre, lokasi batu di Desa Krodonan, Kecamatan Gondang ini rupanya sering digunakan untuk tempat ritual ngalap berkah warga sekitar maupun dari daerah lain.

    Tidak sedikit masyarakat yang setiap kali punya keinginan atau hajat, selalu datang ke Batu Semar untuk berdoa agar keinginannya terkabul.

    Mereka datang dengan membawa berbagai aneka sesajian. Bahkan tak sedikit dari mereka yang hajat atau keinginannya terkabul, akan datang kembali ke lokasi batu yang berada 46 Km selatan Bojonegoro.

    Konon cerita, batu berukuran raksasa ini merupakan semburan magma dari letupan Gunung Pandan yang terletak 6 kilometer di selatan Desa krondonan ribuan tahun silam.

    Batu tersebut merupakan salah satu batu berukuran besar yang berada di Kecamatan Gondang. Sebagian batu besar lainnya ada yang bernama batu seribu tapak.

    Menurut Suwito, 48, salah satu sesepuh Desa Krondonan dan saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro, dalam kisah pewayangan, batu tersebut sering dipakai Ki Bodronoyo yang nama lainnya Semar untuk mandi setiap hari.

    "Kalau menurut sejarah dan cerita para leluhur kita, batu ini sering digunakan sebagai tempat mandinya Ki Bodronoyo yang punya nama lain Semar. Selama ini batu itu juga sering digunakan orang ngalap berkah, jadi jangan salah nanti kalau dipindah ke kota banyak orang yang dulunya ngalap berkah di Batu Semar ini akan kembali lagi," tutur politis PAN yang biasa dipanggil Mbah Wito saat ditemui detikcom di Gedung DPRD Bojonegor, Jumat (9/1/2015).

    Kini, ratusan warga berduyun-duyun ke alun-alun hanya ingin menyaksikan lebih dekat wujud batu raksasa yang bernama Semar itu.



    Editor : Aries Susanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.