PRESTASI MADIUN : Kota Madiun Berpeluang Raih Adipura Paripurna

PRESTASI MADIUN : Kota Madiun Berpeluang Raih Adipura Paripurna Ilustrasi penyerahan trofi Adipura. (JIBI/Madiunpos.com/Istimewa-Humas Protokol Pemkot Madiun)

    Prestasi Madiun ini terkait masuknya Kota Madiun sebagai nomine Adipura Paripurn>

    Madiunpos.com, MADIUN - Kota Madiun, Jawa Timur, masuk dalam daftar nomine penerima piala Adipura Paripurna (dulu Adipura Kencana) tahun 2016. Hal itu diketahui berdasarkan rilis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

    Pada Rabu (22/6/2016) ini, Wali Kota Madiun Bambang Irianto melakukan presentasi di hadapan Dewan Adipura yang diketuai mantan Menteri Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar di Jakarta.

    "Saya mohon doa restu dari seluruh masyarakat agar Kota Madiun kembali meraih Piala Adipura," ujar Wali Kota Madiun Bambang Irianto, Selasa (21/6/2016).

    Ia menjelaskan masuknya Kota Madiun dalam nomine penerima Adipura Paripurna didukung upaya penataan tempat pembuangan akhir (TPA) Winongo yang dikelola modern yakni mengacu pada konsep reuse (penggunaan kembali), reduce (mengurangi), dan recycle (mendaur ulang).

    Bambang menambahkan hal lain yang mendapat poin tinggi adalah pemanfaatan gas metan yang dihasilkan dari gunungan sampah bagi 300 kepala keluarga (KK) di Dusun Gembel, Kelurahan Manguharjo, untuk kebutuhan memasak sejak dua tahun terakhir.

    Selain itu, ungkap Wali Kota, sampah plastik didaur ulang menjadi bahan bakar alternatif. Hal itu yang membuat TPA Winongo menjadi tempat studi banding berbagai daerah.

    Bambang menambahkan poin juga bertambah lantaran Pemkot Madiun gencar melaksanakan program penataan ruang terbuka hijau serta keberadaan bank sampah yang tersebar di seluruh kelurahan dan 105 sekolah yang sudah menyandang predikat Adiwiyata.

    Untuk diketahui, berdasarkan daftar yang dirilis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kota Madiun masuk nominasi penerima Adipura Paripurna bersama Kota Tangerang, Kota Semarang, Balikpapan, dan Kabupaten Pati.

    Selain itu ada perubahan kategori adipura, sebelumnya pemerintah hanya memberikan Adipura dan Adipura Kencana. Namun kini kategori penilaiannya diubah menjadi lima yakni Adipura Buana, Adipura Kirana, Adipura Karya, Adipura Bhakti, dan Adipura Paripurna.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.