Puluhan Pasien Covid-19 Ikuti Salat Idulfitri di RS Lapangan Indrapura

Puluhan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 mengikuti Salat Idulfitri 1 Syawal 1442 Hijriah di halaman Rumah Sakit Lapangan Indrapura Surabaya, Jawa Timur, Kamis (13/5/2021).

Puluhan Pasien Covid-19 Ikuti Salat Idulfitri di RS Lapangan Indrapura Tenaga kesehatan membantu seorang pasien COVID-19 usai pelaksanaan shalat Idul Fitri di halaman Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (13/5/2021). (ANTARA Jatim/Moch Asim/zk)

    Madiunpos.com, SURABAYA -- Puluhan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 mengikuti Salat Idulfitri 1 Syawal 1442 Hijriah di halaman Rumah Sakit Lapangan Indrapura Surabaya, Jawa Timur, Kamis (13/5/2021).

    "Mereka semua jadi makmum, tapi kami tempatkan di 'zona merah' atau infeksius," ujar Ketua Pelaksana Relawan PPKPC-RSLI Radian Jadid di RS Lapangan Indrapura Surabaya usai Salat Id.

    Jumlah jemaah di zona tersebut sekitar 30 orang, yang terdiri dari pasien umum serta sejumlah pekerja migran Indonesia terkonfirmasi positif Covid-19.

    Salat Id juga diikuti makmum tenaga kesehatan, relawan serta petugas setempat, namun berada di "zona hijau" yang lokasinya di depan tenda A (Administrasi).

    Bertindak sebagai imam dan khatib yaitu Sa'ad Nasir, yang setiap harinya bertugas di bidang supervisi RSLI dari BPBD Jatim.

    Dalam khutbahnya, khatib menyampaikan tentang rasa syukur karena masih diberi kesempatan merayakan Idul Fitri walaupun dalam suasana pandemi Covid-19.

    Khatib juga mengajak jamaah berdoa memohon untuk dapat segera diangkat dan disembuhkan sakitnya, serta menjadi penebus maupun pengurang dosa di akhirat kelak.

    Setelah Shalat Id dilanjutkan tasyukuran di tenda Administrasi dengan menu khusus opor ayam yang merupakan sumbangan dari para dokter senior. Sedangkan, di tempat berbeda para pasien disiapkan menu spesial Nasi Gudeg khas Yogyakarta.

    Sementara itu, penanggung jawab RS Lapangan Indrapura Surabaya Laksamana Pertama TNI dr. I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara menyampaikan bahwa penyelenggaraan Salat Idul Fitri di RSLI untuk membersamai para tenaga kesehatan, relawan, dan pasien.

    "Di momen yang fitri ini, kami ingin menunjukkan bahwa pasien tidak sendirian, dan pasien selalu didampingi serta diperhatikan," katanya.

    Harapannya, kata dia, pasien dapat meningkat imunitasnya dan segera mendapatkan fase kesembuhan.

    "Kami ucapkan juga selamat Idulfitri 1442 Hijriah. Untuk semuanya, kami sampaikan mohon maaf lahir dan batin," tutur dr Nalendra.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.