REHABILITASI SOSIAL : Tak Betah, Gepeng di UPT Rehabilitasi Sosial Madiun Kabur

REHABILITASI SOSIAL : Tak Betah, Gepeng di UPT Rehabilitasi Sosial Madiun Kabur Aktivitas di UPT Rehabilitasi Sosial Madiun (Dinsos.jatimprov.go.id)

    Rehabilitasi sosial khusus gelandangan dan pengemis (gepeng) dilakukan UPT Rehabilitasi Sosial Gelandangan dan Pengemis Madiun, Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jawa Timur (Jatim).

    Madiunpos.com, MADIUN – Beberapa gelandangan dan pengemis (gepeng) yang menjadi klien atau warga binaan UPT Rehabiliasi Sosial Gelandangan dan Pengemis Madiun, Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jawa Timur (Jatim), sempat kabur karena tidak betah mengikuti kegiatan di tempat itu.

    Hal tersebut disampaikan anggota staf Bagian Tata Usaha (TU) UPT Rehabiliasi Sosial Gelandangan dan Pengemis Madiun, Hasanah, saat dijumpai Madiunpos.com di ruang kerjanya, Jl. Soekarno Hatta 49 Madiun, Rabu (9/9/2015). Dia mengklaim UPT Rehabiliasi Sosial Gelandangan dan Pengemis Madiun tidak tinggal diam apabila ada warga binaan yang kabur.

    “Kami tetap mencoba menemukan mereka dan mendorong agar bisa kembali mengikuti pelatihan. Kami memaklumi mereka tidak kerasan karena kaget dengan ritme kegiatan yang berlangsung di sini. Tapi, saya yakin lama-lama mereka akan betah. Kami juga akan terus mendampingi mereka,” kata Hasanah.

    Hasanah menjelaskan para gepeng yang telah menjadi warga binaan UPT Rehabilitasi Sosial Gelandangan dan Pengemis Madiun akan dibebaskan untuk memilih jenis ketrampilkan kerja sesuai minat serta masing-masing. Setelah memilih, menurut dia, warga binaan akan mendapat pelatihan secara rutin dari tenaga ahli sesuai jenis ketrampilan.

    “Jenis keterampilan pokok yang diberikan kepada warga binaan, antara lain pertukangan kayu dan batu, menjahit, potong rambut, serta mengolah makanan. Sedangkan jenis kertrampilan pendukung yang ditawarkan, yakni pertanian, peternakan, dan perikanan,” ujar Hasanah.

    Menurut Hasanah, warga binaan baru bisa keluar UPT Rehabiliasi Sosial Gelandangan dan Pengemis Madiun setelah dianggap mampu secara sosial dan ekonomi sehingga tidak lagi memerlukan pertolongan. Ditanya jumlah warga binaan di UPT Rehabiliasi Sosial Gelandangan dan Pengemis Madiun saat ini, dia menjawab, ada 60 gepeng.

     

    KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.