REOG PONOROGO : Dipandu Seniman Ponorogo, Turis Jepang Belatih Reog

REOG PONOROGO : Dipandu Seniman Ponorogo, Turis Jepang Belatih Reog Turis asal Jepang, Ippie, berlatih menari reog dengan dipandu seniman lokal di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Minggu (26/10). (JIBI/Solopos/Antara-Istimewa)

    Reog Ponorogo menarik minat wisatawan Jepang untuk berlatih bersama seniman dari wilayah kelahiran seni pertunjukan itu.

    Madiunpos.com, PONOROGO — Dua wisatawan asal Jepang  yakni Mao Arata dan Ippie secara khusus datang ke Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur untuk mempelajari kesenian reog yang menjadi kebudayaan khas daerah setempat.

    "Kami penasaran. Ternyata [kesenian] reog itu luar biasa, kami sampai kaget melihat langsung bagaimana penari reog bisa memainkannya meski harus mengangkat sebuah topeng dadak merak yang sebegitu berat," ujar Mao Arata ketika mengunjungi pusat kesenian reog Desa Bajang, Kecamatan Balong, Ponorogo , Jawa Timur, Minggu (4/10/2015).

    Mao dan Ippie tampak serius memperhatikan bagaimana perajin membuat dadak merak. Mao dan Ippie bahkan sempat mencoba membuat topeng bujang ganong, yang merupakan salah satu tokoh di kesenian reog Ponorogo.

    Mao dan Ippie seolah benar-benar tidak melewatkan kesempatan berkunjung ke Ponorogo, dengan mempelajari kesenian reog mulai dari proses pembuatan, persiapan, hingga mempraktekkannya secara langsung. "Walaupun saya sudah beberapa kali singgah di beberapa kota di Indonesia, namun baru kali ini saya melihat reog secara langsung dan di kotanya, Ponorogo," ujarnya.

    Pemandu wisata kedua turis Jepang itu, Wisnu, mengatakan, kesenian reog merupakan satu dari sekian banyak budaya Indonesia yang banyak diminati wisatawan luar negeri. "Sebelumnya kami ajak jalan-jalan melihat tempat-tempat wisata, lalu melihat reog dan ternyata mereka justru tertarik untuk mempelajarinya. Ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya sebagai putra daerah," ujarnya.

    Dengan melakukan pendekatan kepada turis-turis asing melalui media kesenian reog Ponorogo itu, diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan sehingga Ponorogo semakin banyak dikunjungi wisatawan mancanegara.

     

    KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.