Rp250 Juta Digelontorkan untuk Merawat Taman di Kota Kediri

Rp250 Juta Digelontorkan untuk Merawat Taman di Kota Kediri IIustrasi (JIBI/dok)

    Anggaran Kota Kediri salah satunya untuk perawatan taman senilai Rp250 juta.

    Madiunpos.com, KEDIRI -- Pemerintah Kota Kediri menganggarkan Rp250 juta per tahun dalam APBD 2017 untuk perawatan taman di wilayah setempat. Anggaran itu dimungkinkan bertambah menyusul semakin bertambahnya ruang terbuka hijau di Kota Kediri.

    "Untuk perawatan taman membutuhkan anggaran yang cukup banyak. Pada 2017 ini dianggarkan hingga Rp250 juta. Anggaran itu misalnya untuk pembelian bunga, pot," kata Kepala Bidang Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri Endang Kartika di Kediri, Kamis (19/10/2017).

    Endang menambahkan perawatan itu dilakukan untuk taman-taman yang ada di Kota Kediri serta berbagai bunga di sepanjang jalan protokol Kota Kediri. Untuk taman, misalnya di Taman Sekartaji dan memorial park yang merupakan ruang terbuka hijau di kota itu.

    Menurut Endang Kartika, lokasi bekas tempat prostitusi di Kelurahan Semampir, Kota Kediri, saat ini diubah menjadi ruang terbuka hijau. Begitu juga dengan hutan kota yang sekarang diperbaiki. Kawasan yang diganti nama menjadi Hutan Joyoboyo tersebut dibangun menjadi salah satu ruang terbuka hijau dan sarana edukasi untuk anak-anak. Di tempat itu akan dibangun berbagai fasilitas ramah anak.

    Namun, untuk besarnya anggaran, Endang mengatakan belum melakukan penghitungan dengan pasti hingga sekarang. Untuk saat ini, anggaran yang sudah pasti adalah Rp250 juta untuk perawatan taman dan bunga di Kota Kediri.

    Untuk fasilitas kendaraan, Endang mengatakan belum ada rencana tambahan. Untuk saat ini, terdapat tiga mobil tangki yang digunakan untuk menyiram tanaman. Kondisi kendaraan tersebut juga masih layak, sehingga bisa digunakan dengan baik.

    Terkait dengan perawatan lampu-lampu di lokasi taman kota, Endang mengatakan ada anggaran tersendiri. Kebutuhan lampu juga sangat banyak. Misalnya di taman sekartaji, jumlah lampu yang dibutuhkan hingga 300 lampu yang dipasang di berbagai lokasi taman tersebut.

    Walaupun jumlah lampu cukup banyak, ternyata sejumlah lampu di taman kota sudah diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Di taman sekartaji, jumlah lampu yang diambil pencuri sekitar 20 unit lampu. Di memorial park, yang merupakan taman depan lokasi taman makam pahlawan, jumlah lampu yang dicuri sekitar 30 lampu.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.