Sempat Ditutup karena Dokter Positif Covid-19, Puskesmas Patihan Madiun Akhirnya Dibuka Lagi

Pemerintah Kota Madiun akhirnya membuka kembali pelayanan di Puskesmas Patihan mulai Senin (22/6/2020).

Sempat Ditutup karena Dokter Positif Covid-19, Puskesmas Patihan Madiun Akhirnya Dibuka Lagi Puskesmas Patihan, Kota Madiu. (vymaps.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Pemerintah Kota Madiun akhirnya membuka kembali pelayanan di Puskesmas Patihan. Sebelumnya, pelayanan kesehatan di Puskesmas ini ditutup karena ada satu dokternya yang terkonfirmasi positif Covid-19.

    "Untuk Puskesmas Patihan, setelah dilakukan rapat, diputuskan bahwa Puskesmas Patihan hari ini [Senin] dibuka kembali," kata Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kota Madiun, Noor Aflah kepada wartawan, Senin (22/6/2020).

    Dia menuturkan pembukaan Puskesmas Patihan ini mempertimbangkan kebutuhan layanan kesehatan masyarakat. Sehingga pelayanan kesehatan masih bisa terus berjalan. Puskesmas ini tutup pelayanan sejak Kamis hingga Minggu (18-21/6/2020).

    Penyerang Wakapolres Karanganyar Ternyata Warga Madiun

    Namun, Aflah menegaskan untuk seluruh tenaga kesehatan yang melayani akan diambilkan dari Puskesmas lain yang ada di Kota Madiun. Hal ini karena seluruh tenaga kesehatan di Puskesmas ini masih menjalani karantina mandiri.

    "Tenaga yang akan melayani masyarakat di Puskesmas Patihan akan diambilkan dari lima Puskesmas yang ada di Kota Madiun," terang Aflah.

    Sebelum dibuka, Pemkot Madiun telah memastikan seluruh ruangan di Puskesmas tersebut bersih dan steril. Pihaknya juga telah menyemprot seluruh ruangan dengan cairan disinfektan.

    Penyerang Wakapolres Karanganyar Baru Keluar dari Penjara karena Kasus Terorisme

    Sementara itu, Wali Kota Madiun, Maidi, menyampaikan dibukanya layanan kesehatan di Puskesmas Patihan merupakan bentuk layanan kepada masyarakat. Namun, ia menegaskan untuk sementara waktu tenaga yang melayani di Puskesmas itu akan diganti sampai semuanya dinyatakan tidak ada yang terinfeksi virus corona.

    Seperti diberitakan sebelumnya, Seorang tenaga kesehatan di Puskesmas Patihan, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan adanya tambahan satu pasien ini, sehingga total pasien positif Covid-19 di Kota Madiun menjadi tujuh orang.

    Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kota Madiun, Noor Aflah, mengatakan ada satu tambahan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada Kamis (18/6/2020). Pasien positif ini seorang laki-laki berinisial NA berusia 23 tahun.

    Densus 88 Datangi Perumnas Mojopurno Madiun, Selidiki Kasus Penyerangan Wakapolres Karanganyar

    “Pasien ini alamat sesuai KTP di Surabaya. Bekerja di Patihan [Puskesmas Patihan] dan berdomisili di Sogaten,” kata Aflah kepada wartawan.

    Tenaga kesehatan di Puskesmas Patihan ini diketahui terinfeksi Covid-19 setelah menjalani tes swab pertama pada Kamis ini. Ternyata hasil tes swab menunjukkan NA terkonfirmasi positif virus corona.

    Aflah menyampaikan pasien ini menjalani tes swab karena hasil rapid test-nya dinyatakan reaktif. NA mengikuti rapid test massal untuk tenaga keseharan yang diselenggarakan pada Selasa (16/6/2020).



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.