Soal Pernyataan Anji yang Remehkan Covid-19, Pakar Epidemiologi: Artis Ngawur!

Pakar epidemiologi menyebut komentar Anji yang meremehkan virus Covid-19 ngawur dan bisa menggiring persepsi yang salah soal penyakit mematikan tersebut.

Soal Pernyataan Anji yang Remehkan Covid-19, Pakar Epidemiologi: Artis Ngawur! Anji. (detik.com)

    Madiunpos.com, SURABAYA -- Heboh pernyataan musisi dan vlogger, Anji, di Instagram yang terkesan meremehkan bahanya Covid-19 disesalkan pakar epidemiologi. Menurut pakar, pernyataan seorang figur publik yang demikian bisa memengaruhi persepsi masyarakat akan bahayanya Covid-19.

    "Ada orang-orang yang justru dia menurunkan persepsi risiko itu tadi. Nah itu dipicu oleh artis-artis itu tadi," terang pakar epidemiologi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Dr dr Windhu Purnomo, Selasa (21/7/2020), seperti dilansir detik.com.

    Menurut Windhu, turunnya persepsi risiko terhadap virus corona bisa membuat masyarakat semakin meremehkan protokol kesehatan. Untuk itu, ia menyarankan pemerintah untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat, dengan membangun komunikasi publik untuk mencegahnya.

    Sebut Foto Jenazah Covid-19 yang Viral Aneh, Anji Dikecam Pewarta Foto Indonesia

    "Jadi pendekatan harus betul-betul dilakukan pemerintah. Karena pemerintah yang pegang kendali dan punya aparat. Jadi itu harus bersaing. Jangan sampai kalah komunikasi pemerintah dengan komunikasi yang dilakukan selebritis-selebritis ngawur itu," tegasnya.

    Sedangkan bagi artis yang dianggap meremehkan pandemi Corona, Windhu juga mengimbau pemerintah untuk mendekati dan menyadarkannya. Tujuannya untuk menjelaskan terkait kondisi saat ini. "Mungkin artis-artis yang ngawur tadi ya gak usah ditangkap atau dipidana lah tapi tetap didatangi, didekati untuk diberi penyadaran informasi ini loh kondisi sesungguhnya," tuturnya

    "Kamu jangan ngomong gitu karena itu akan mempengaruhi persepsi masyarakat yang akan membuat mereka tidak disiplin," tambah Windhu.

    Potret Jenazah Pasien Covid-19 Ini Bikin Merinding

    Seperti diketahui, Anji menuai kontroversi seusai mengomentari foto jenazah Covid-19 karya fotografer Joshua Irwandi untuk National Geographic. Anji dinilai meremehkan virus corona, yang belakangan jumlah kasusnya terus melonjak.

    "Saya percaya cvd (Covid-19) itu ada. Tapi saya tidak percaya bahwa cvd semengerikan itu," tulis Anji dalam akun Instagramnya.

    "Pertanyaan tentang 'Kenapa keluarga orang yang meninggal karena Covid-19 tidak boleh menjenguk, sementara seorang Fotografer boleh', bukanlah pertanyaan saya sendiri. Tapi banyak orang. Hanya saja, saya menyuarakannya," tulis Anji dalam Twitternya setelah mengunggah di IG.

    75 Warga Pasuruan yang Terlibat Pembongkaran Peti Jenazah Covid-19 akan Dilakukan Rapid Test

    Respons Anji

    Tidak hanya di Twitter, Anji juga me-repost foto tersebut di feed Instagramnya. Akhirnya Pewarta Foto Indonesia mengecam Anji. Setelah berdiskusi, Anji memberikan penjelasan atas ungkapannya terhadap karya fotografer Joshua Irwandi itu.

    "Dear @pewartafotoindonesia. Menanggapi teguran dan kecaman dari PFI (Pewarta Foto Indonesia) untuk pernyataan saya di Instagram, saya melakukan komunikasi melalui telepon dengan Mas Hendra, Sekjen PFI. Berikut adalah beberapa poin percakapan kami." tulis Anji pada slide-slide di Instagramnya.

    Anji menegaskan dirinya tidak mendiskreditkan profesi pewarta foto atau jurnalis. Hanya saja, Anji ingin mengutarakan sudut pandangnya soal penyebaran informasi yang terasa janggal.

    "Saya tidak mendiskreditkan profesi Pewarta foto maupun Jurnalis. Secara karya foto, buat saya foto dari Joshua Irwandi adalah sebuah foto yang powerful. Caption di Instagram adalah opini saya dari sudut PENYEBARAN INFORMASI yang terasa janggal..., buat saya. Hal ini sangat bisa didebat, karena bisa salah bisa benar," tulisnya.

    Ternyata Ini Pemicu Aksi Bongkar Peti Jenazah Covid-19 di Pasuruan

    "Jadi yang saya bahas di poin 1 adalah penyebaran informasinya. Bukan karya foto maupun Pewartanya. yang saya bahas dengan KOL dan lainnya adalah pola penyebaran informasi, bukan tujuan Joshua mengambil foto itu," beber Anji.

    Dalam postingannya, Anji menuliskan dua poin yang jadi sorotan saat itu. Poin pertama, Anji menuliskan 'Tiba-tiba secara berbarengan foto ini diunggah oleh banyak akun-akun ber-follower besar, dengan caption seragam. Sebagai orang yang familiar dengan dunia digital, buat saya ini sangat tertata. Seperti ada KOL (Key Opinion Leader) lalu banyak akun berpengaruh menyebarkannya. Polanya mirip. Anak Agency atau influencer/buzzer pasti mengerti.'

    Pada poin kedua, Anji menuliskan, 'Dalam kasus kematian (yang katanya) korban cvd, keluarga saha tidak boleh menemui. Ini seorang Fotografer, malah boleh. Kalau kamu merasa ini tidak aneh, artinya saya yang aneh.'

    Pertanyakan Kode Etik Kedokteran

    Aksi Bongkar Peti Jenazah Covid-19 di Pasuruan, 4 Orang Diamankan Polisi

    Untuk hal ini, Anji kembali memberikan penjelasan maksud dari ungkapannya.

    "Di sini pertanyaan saya menyangkut kepada kode etik dunia kesehatan, bukan kode etik jurnalisme. Karena menurut pemberitaan, korban COVID-19 tidak boleh ditemui oleh keluarganya. Ini adalah pertanyaan orang awam," tuturnya.

    "Saya mengerti pasti ada etika untuk Pewarta foto maupun jurnalis. Saya tidak akan mendebat tentang hal itu, karena pasti PFI lebih tahu. Sekali lagi, dalam hal ini pertanyaan saya mengacu kepada kode etik dunia kesehatan. Jika ada penjelasan tentang itu berdasarkan aturan medis, silakan dijelaskan. Banyak orang perlu tahu," tegas Anji.

    Tidak hanya memberikan penjelasan, Anji juga mengungkapkan kesalahannya dalam hal ini. Anji pun sudah minta maaf kepada PFI atas kesalahpahaman itu.

    "Kesalahan saya dalam hal ini adala tidak menyertakan kalimat tambahan untuk memperjelas poin yang saya tuju. Untuk kesalahpahaman ini saya meminta maaf kepada PFI dan pastinya kepada Joshua Irwandi. Tadi malam pun dalam forum dengan 300-an orang Fotografer, termasuk di dalamnya ada Joshua, saya sampaikan permintaan maaf untuk penerimaan informasi yang berbeda. Ini adalah permintaan maaf terbuka seperti yang tertulis di @pewartafotoindonesia," tulis Anji.

    Akan tetapi, Anji masih berharap bisa mendapat jawaban terkait pertanyaannya pada poin nomor dua dari sisi kode etik medis terhadap pasien Covid-19 dan keluarganya.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.