TAHUN BARU IMLEK : Warga Tionghoa Magetan Sederhana Rayakan Imlek

TAHUN BARU IMLEK : Warga Tionghoa Magetan Sederhana Rayakan Imlek Ilustrasi sembahyang malam Tahun Baru Imlek. (Dedi Gunawan/JIBI/Bisnis)

    Tahun Baru Imlek disambut jemaat Kenteng Hui Ming Myao Magetan dengan sederhana.

    Madiunpos.com, MAGETAN —Warga Tionghoa di Kabupaten Magetan, Jawa Timur merayakan Tahun Baru 2567 Imlek di Kelenteng Hui Ming Myao Magetan dengan sederhana. Pengurus Kelenteng Hui Ming Myao Magetan, Tony Wijaya, mengemukakan imbauan perayaan menyambut tahun baru Imlek dengan prinsip kesederhanaan itu sebenarnya sudah disampaikan pengurus sejak tahun sebelumnya.

    "Kami merayakan Imlek dengan sederhana. Menurut saya, perayaan Imlek tidak harus mewah. Kami juga sudah mengimbau kepada umat untuk melakukan itu," ujar Tony kepada wartawan di Magetan, Senin (8/2/2016).

    Menurut dia, perayaan menyambut Tahun Baru Imlek dimulai saat umat bersembahyang bersama keluarga di enteng Hui Ming Myao Magetan yang dilakukan pada malam Tahun Baru Imlek. Saat sembahyang itu, umat mendoakan leluhurnya dan juga kehidupan pribadi serta keluarganya.

    Tahun 2567 Imlek yang merupakan tahun kera diharapkan dapat membawa kehidupan yang lebih berkah bagi keluaga masing-masing dan bangsa Indonesia.  "Kera sebagai simbol kelincahan dan cepat, diharapkan menjadi lambang pengambilan keputusan yang tepat dan cepat dalam situasi tertentu yang dihadapi kelurga ataupun bangsa ini," kata dia.

    Ia menjelaskan, meski dirayakan dalam situasi yang sederhana, perayaan menyambut Tahun Baru Imlek di Kelenteng Magetan tetap berlangsung khidmat. Untuk jumlah, penganut Konghucu yang merayakan Imlek di Magetan memang tergolong sedikit.

    Meski demikian, hal tersebut tidak mengurangi makna perayaan. Selain itu, banyak warga Tionghoa yang merayakan imlek di luar Magetan seperti di Kenteng Hui Ming Myao Magetan ataupun Tuban.

    Dijaga Ketat Polisi
    Tony menambahkan, persiapan untuk menyambut Tahun Baru Imlek telah dilakukan sejak beberapa hari sebelumnya. Di antaranya membersihkan lingkungan Kenteng Hui Ming Myao Magetan, membersihkan patung-patung dewa yang ada di kelenteng, dan lain sebagainya.

    Pihaknya berharap, pada tahun baru Imlek kali ini, kehidupan bangsa Indonesia dapat lebih baik dari sebelumnya. Di antaranya dengan mengajak seluruh umat ikut menjaga kedamaian di negeri ini dengan melakukan kebaikan dengan sesama meski berbeda kepentingan.

    Sementara, meskipun dilaksanakan secara sederhana, perayaan Imlek di Magetan tetap mendapat penjagaan ketat oleh personel Polres Magetan dan Kodim Magetan. Sehingga, perayaan Imlek berjalan lancar dan aman.

     

    KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
    KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.