Tak Hanya Kopi, Ternyata Makanan dan Minuman Ini Mengandung Kafein

Selain kopi, ternyata terdapat beberapa makanan dan minuman yang juga mengandung kafein.

Tak Hanya Kopi, Ternyata Makanan dan Minuman Ini Mengandung Kafein Kopi menjadi minuman yang mengandung kafein. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Beberapa dari Anda mungkin mengira bahwa kopi adalah satu-satunya minuman yang mengandung kafein. Kandungan kafein dalam kopi dinilai sangat ampuh untuk mengusir rasa kantuk. Kopi biasa diminum seseorang untuk menghilangkan rasa kantuk yang menyerang.

    Kafein sendiri merupakan senyawa alkaloid xantina berbentuk kristal dan berasa pahit yang bekerja sebagai obat perangsang psikoaktif dan diuretik ringan. Kafein yang dikonsumsi 250 gram atau 3 cangkir per hari sangat aman untuk tubuh. Jadi jangan menganggap bahwa kafein itu berbahaya.

    Tak hanya kopi, ternyata terdapat beberapa jenis makanan dan minuman lain yang  juga mengandung kafein. Lalu apa saja makanan dan minuman tersebut? Berikut adalah 5 makanan dan minuman yang juga mengandung kafein dilansir dari okezone.com, Kamis (17/12/2020).

    Pria Ini Nekat Menyeberang Laut Balikpapan-Jawa Pakai Galon

    1. Cokelat

    Biji kakao secara alami mengandung kafein dan begitu juga cokelat olahan memiliki beberapa jumlah. Sebuah cokelat 100 gram kira-kira memiliki 43 mg kafein.

    Cokelat yang lebih gelap memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi. Jadi kebahagiaan yang Anda rasakan setelah memiliki sepotong cokelat bukan hanya karena rasa yang lezat tetapi karena beberapa kafein dalam sistem Anda.

    1. Matcha

    Matcha tinggi akan kafein dan baik untuk menciptakan ketenangan di dalam tubuh. Ini diperoleh dari daun teh hijau yang menjadikannya antioksidan yang baik. Secangkir matcha 100 ml mengandung sekitar 25 mg kafein di dalamnya. Matcha adalah pilihan yang bagus untuk menyegarkan diri Anda. Ini juga menawarkan banyak manfaat kesehatan.

    1. Sereal

    Banyak orang menganggap sereal sebagai pilihan yang baik untuk dan mudah dikonsumsi untuk sarapan. Mengkonsumsi sereal di pagi hari adalah hal yang paling tidak merepotkan, tetapi Anda mungkin mengkonsumsi kafein ekstra bersama dengan secangkir kopi.

    Apakah Anda tahu semua sereal rasa cokelat mengandung sejumlah kafein di dalamnya? Oleh karena itu disarankan untuk memeriksa label sebelum Anda mengkonsumsinya.

    Menaker Berharap Program Bantuan Subsidi Upah Berlanjut di 2021

    1. Es teh

    Es teh adalah teh hitam yang baru diseduh ditambahkan dengan es, gula dan lemon yang disukai banyak orang. Sebanyak 100 ml es teh mengandung sekitar 20 mg kafein di dalamnya. Tetapi, kandungan kafein tergantung pada beberapa faktor dan dapat bervariasi jumlahnya.

    Jenis teh yang digunakan, jumlah air, dan es yang ditambahkan atau waktu seduhan dapat mempengaruhi kandungan kafein dalam es teh Anda.

    1. Mint

    Apakah Anda pernah berpikir bahwa penyegar napas atau perment mint yang Anda kunyah dapat mengandung kafein di dalamnya? Anda akan terkejut saat mengetahui beberapa cokelat mint dan permen mint mengandung kafein di dalamnya yang hampir sekitar 6 mg per potong.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.