Tanpa Bantuan Nakes, Warga Bersalin di Teras Puskesmas di Mojokerto

Kepala Desa Pesanggrahan, Moch Afif, membenarkan persalinan yang viral terjadi di teras Puskesmas Pesanggrahan dini hari tadi. Saat pasien datang, puskesmas di jalur Mojosari-Pacet itu sedang tutup.

Tanpa Bantuan Nakes, Warga Bersalin di Teras Puskesmas di Mojokerto Tangkapan layar warga melahirkan di teras Puskesmas Pesanggrahan, Kutorejo, Mojokerto.  (Tangkapan layar/detikcom)

    Madiunpos.com, MOJOKERTO - Persalinan warga di teras Puskesmas Pesanggaran, Kecamatan Kutorejo, Mojokerto viral di media sosial. Bayi perempuan lahir tanpa bantuan tenaga kesehatan (nakes).

    Kejadian tersebut menjadi viral setelah diunggah akun Cahyo Adi Dotot di salah satu grup Facebook Mojokerto sekitar empat jam lalu. Hingga pagi ini, unggahan tersebut sudah disukai 2.158 kali dan menuai 157 komentar dari warganet.

    "Melahirkan darurat teng (di) depan Puskesmas Pesanggrahan,.. belum ada pertolongan bidan, bayi sudah lahir," tulis akun Cahyo Adi Dotot di unggahannya seperti dikutip detikcom, Senin (22/3/2021).

    Sedang Viral Cabai Rawit Dicat, Ini Tips Agar Konsumen Tak Tertipu

    Pemilik akun Cahyo Adi Dotot saat dimintai konfirmasi menjelaskan persalinan di teras Puskesmas Pesanggrahan terjadi dini hari tadi sebelum waktu subuh. Pertolongan dari bidan baru datang sekitar pukul 05.00 WIB setelah bayi perempuan lahir. Saat itu, puskesmas tersebut sedang tutup.

    "[Puskesmas Pesanggrahan] tidak buka 24 jam soalnya puskesmas pembantu," terangnya.

    Para netizen pun ikut mensyukuri persalinan yang berlangsung normal dan selamat meski tanpa bantuan nakes. Mereka mendoakan bayi perempuan yang lahir kelak menjadi anak salihah.

    Selingkuh, Kades Perempuan di Pasuruan Digerebek Berduaan Tanpa Busana

    "Alhamdulillah semoga bayi dan ibunya sllu diberikan kesehatan," tulis akun Lutve Anwar di kolom komentar. "Alhamdulillah....ibu dan bayinya slamat," imbuh akun Mpok Atiek.

    Kepala Desa Pesanggrahan, Moch Afif, membenarkan persalinan yang viral terjadi di teras Puskesmas Pesanggrahan dini hari tadi. Saat pasien datang, puskesmas di jalur Mojosari-Pacet itu sedang tutup. "Kalau malam puskesmas tutup karena belum ada IGD 24 jam," jelasnya.

    Namun, Afif belum bisa memberikan informasi lebih terperinci terkait insiden tersebut. "Saya belum dapat info detail terkait itu penduduk mana, kronologinya bagaimana," pungkasnya.

    Ketua HKTI Jatim Minta Gubernur Khofifah Tolak Beras Impor



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.