TEMBAKAU BOJONEGORO : Pabrik Rokok Borong 7.467 Ton Tembakau Kering dari Bojonegoro

TEMBAKAU BOJONEGORO : Pabrik Rokok Borong 7.467 Ton Tembakau Kering dari Bojonegoro Perajangan tembakau virginia voor oogst (VO) di Bojonegoro, Minggu (18/10/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Aguk Sudarmojo)

    Tembakau Bojonegoro diborong oleh pabrik rokok dan pengusaha dari berbagai daerah.

    Madiunpos.com, BOJONEGORO - Sejumlah pabrik rokok dan pengusaha berencana membeli tembakau sebanyak 7.467 ton tembakau kering di Bojonegoro pada musim tanam tahun ini.

    "Sejumlah pabrikan dan pengusaha yang melaporkan melakukan pembelian tembakau terbesar dari PT Djarum Kudus, dengan jumlah 4.000 ton tembakau kering," kata Kepala Dinas Perhutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Bojonegoro, Nuzulul Hudaya, di Bojonegoro, Senin (2/5/2016).

    Perusahaan lainnya, lanjut dia, PT Gudang Garam 500 ton, PT Noroyono Solo 267 ton, UD Sumber Mulyo 750 ton, CV Putra Bhakti Utama 150 Ton, PT STTC 800 Ton dan PT Sadhana Arif Nusa, Ngawi, yang bermitra dengan petani tembakau.

    "Belum semua pabrikan dan pengusaha melaporkan rencana pembelian tembakau musim tanam tahun ini, seperti PT Langgeng Setya Bhakti (Sampoerna), PT Bentoel Prima, dan PT. Sumber Rejeki," papar dia.

    Nuzulul menambahkan pembeli tembakau di daerahnya baik Virginia Voor Oosgt (VO) dan Jawa, tidak hanya pabrikan dan pengusaha, tapi bisa juga pedagang dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan Madura.

    Mengacu jumlah pembelian tembakau dari pabrikan dan pengusaha itu, ia memperkirakan luas areal tanaman tembakau baik Virginia Voor Oogst (VO) dan Jawa di daerahnya, mencapai 7.000 hektare.

    Perhitungan itu, lanjut dia, berdasarkan produksi tanaman tembakau di daerahnya, bisa mencapai 1,3 ton tembakau kering per hektare.

    Ia mengimbau petani tembakau di daerahnya bisa menanam tembakau dengan batas terakhir 20 Juni 2016, untuk menghindari panen tembakau tidak bersamaan dengan datangnya musim hujan.

    Oleh karena itu, ia meminta, para petani di daerhanya segera mengambil benih tembakau Virginia VO dan Jawa, yang disediakan secara gratis, dengan syarat diketahui kepala desa (kades) setempat.

    Sesuai data, persediaan benih tembakau Virginia VO Bojonegoro I sebanyak 330 kilogram, Viginia K 326 sebanyak 38 kilogram, Jawa Grompol Jawa Timur, sebanyak 25 kilogram dan Jawa Bligon 106 kilogram.

    "Benih tembakau yang tersedia lebih dari cukup, karena bisa dimanfaatkan untuk tanaman tembakau seluas 50.000 hektare," ucap dia.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.