Ternyata, Menyeduh Teh dengan Air Mendidih itu Keliru Gaes

Sebaiknya, menyeduh teh tidak dilakukan dengan air mendidih yang akan membuat kenikmatannya hilang.

Ternyata, Menyeduh Teh dengan Air Mendidih itu Keliru Gaes Menyeduh teh dengan air mendidih ternyata keliru. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Menikmati teh panas di pagi hari menjadi kebiasan sebagian orang Indonesia selain menyeruput kopi. Membuat teh terlihat sangat mudah. Meski begitu, ternyata ada beberapa kekeliruan yang dilakukan banyak orang. Salah satunya adalah menyeduh teh dengan air mendidih.

    Seperti dilansi detik.com, ternyata tak boleh asal menuangkan air panas untuk menyeduh teh enak. Suhu air harus tepat.

    Bagi masyarakat Inggris, minum teh sudah menjadi budaya yang dilakukan rutin setiap hari. Maka menyeduh teh dengan cara benar merupakan masalah serius. Seperti halnya beberapa waktu lalu ada perdebatan, apakah susu harus dituangkan dulu baru teh, atau sebaliknya.

    Meski Menyehatkan, Mengonsumsi Kunyit Terlalu Banyak Bisa Timbulkan 5 Gangguan Kesehatan Ini

    Kebanyakan orang menuangkan air mendidih dari ketel langsung ke poci teh atau cangkir teh. Padahal cara ini sangat tidak benar bahkan disebutkan rasa teh akan seperti rebusan kol. Soal suhu air untuk menyeduh teh ini disinggung oleh Martin Isark, seorang pencicip makanan dan minuman profesional dari Inggris. Menurutnya kebiasaan menyeduh teh dengan air mendidih merupakan kebiasaan masa lalu untuk memastikan air benar-benar aman diminum.

    "Inilah saatnya mematahkan mitos harus memakai air mendidih untuk menyeduh teh. Air yang terlalu panas akan membunuh cita rasa teh dan yang tersisa hanyalah rasa yang pekat dari tannin kering dan astrigen. Merebus air berlebihan dan mencelupkan teh kantong terlalu lama akan membuat rasa air teh seperti air rebusan kol," ungkap Martin Isark, seperti dilansir dailymail.

    Untuk mereka yang tak punya ketel dengan pengatur suhu, Isark menyarankan menuangkan sedikit air dingin di atas kantong teh sebelum dituangi air mendidih. Terakhir baru ditambahkan susu cair dan gula.

    Janda Bolong Dibanderol Ratusan Juta Rupiah, Apa Sih Keistimewaannya?

    Menurutnya air mendidih bisa turun 10 derajat Celsius setiap ditambahkan 10% air dingin. Karenanya untuk mencapai suhu 80 derajat Celsius maka cangkir teh atau mug perlu diisi 20% air dingin.

    Beda teh beda suhu

    Sementara Edward Eisler, seorang ahli teh dan pendiri Jing Tea, setuju dengan pendapat tersebut. "Tidak benar untuk menyeduh teh harus memakai air mendidih. Banyak teh rasanya lebih enak diseduh dengan air yang suhunya lebih dingin,' ujarnya.

    Sebagai panduan untuk menyeduh teh hitam jenis Assam bisa dipakai air dengan suhu 80 derajat Celsius. Sementara teh hijau perlu air dengan suhu 50-65 derajat Celsius dan teh oolong dengan air bersuhu di atas 95 derajat Celsius.

    Ini Tips Minum Kopi yang Sehat, Bisa Pakai Mentega Lho!

    Bulan Juni lalu warga Inggris dibuat heboh dengan viralnya video seorang wanita Amerika yang tinggal di Inggris menyeduh teh. Ia memanaskan 1 mug air dingin dalam microwave. Kemudian menuangkan susu sebelum memasukkan kantong teh dan menambahkan banyak gula.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.