Tetap Sehat di Musim Penghujan dengan Cara Berikut

Temperatur udara yang tidak menentu di musim hujan patut diwaspadai. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan saat musim penghujan.

Tetap Sehat di Musim Penghujan dengan Cara Berikut Ilustrasi mencuci tangan dengan sabun. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Hujan yang mulai terjadi di beberapa daerah menjadi tanda musim penghujan telah tiba. Banyak penyakit muncul di musim ini karena dipicu oleh virus, bakteri ataupun kelelahan karena padatnya aktivitas.

    Kondisi ini tentu berpotensi tidak baik pada kesehatan tubuh Anda, terutama jika Anda mengurangi atau bahkan berhenti melakukan olahraga. Menjaga kesehatan di musim hujan sangat penting agar Anda tidak mudah terserang penyakit.

    Anda dapat melakukan beberapa hal yang bisa membuat diri Anda tetap terjaga di musim seperti ini. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan dikutip dari hellosehat.com, Jumat (30/10/2020).

    Minibus Wisatawan Terjun ke Jurang Sarangan 10 Meter, 1 Meninggal

    1. Konsumsi vitamin C

    Vitamin C merupakan antioksidan terbaik untuk daya tahan tubuh. Perbanyak asupan vitamin C dengan mengkonsumsi jeruk, jambu biji, stroberi, brokoli juga pepaya. Makan jambu biji atau minum jus jambu biji merupakan cara menjaga kesehatan di musim hujan yang paling mudah. Jambu biji mengandung vitamin C yang akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga mencegah infeksi penyakit seperti flu, batuk, dan pilek.

    Jambu biji juga bersifat anti mikroba, sehingga membantu tubuh membunuh virus dan bakteri yang menyebabkan infeksi. Anda bisa mengkonsumsi jambu biji baik dalam bentuk buah atau jus secara teratur.

    1. Berolahraga

    Tetaplah berolahraga dan beraktivitas fisik sebagai cara menjaga kesehatan di musim penghujan. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mendukung daya tahan tubuh bekerja sebagaimana mestinya.

    Sebuah studi mengungkapkan, olahraga 20 menit dapat menstimulasi daya tahan tubuh dalam memproduksi respon anti peradangan. Ada beragam olahraga yang menunjang kesehatan tubuh seperti yoga, pilates, bersepeda dan lainnya.

    Hore! Wisatawan Dapat Angkutan Gratis ke Kawah Ijen Bondowoso

    1. Rajin mencuci tangan

    Karena penularan virus yang mudah melalui kontak fisik, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan tangan. Cuci tangan hingga bersih untuk mencegah penyebaran kuman penyakit.

    Anda bisa menggunakan hand sanitizer kemanapun Anda pergi untuk meminimalkan risiko penularan penyakit. Lakukan langkah sederhana ini sebagai cara menjaga kesehatan Anda di musim hujan.

    1. Konsumsi makanan bernutrisi

    Makanan yang kaya akan mikronutrien dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Cara ini mampu menjaga kesehatan tubuh di musim hujan.

    Jika tubuh kekurangan mikronutrien seperti zinc,selenium, zat besi, asam folat, serta vitamin A, B6, C dan E, bisa memengaruhi penurunan daya tahan tubuh dan memudahkan penyakit menginfeksi tubuh. Sertakan beragam jenis sayur dan buah pada makanan Anda, sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga dengan baik.

    MUI Serukan Boikot Produk Prancis

    1. Minum teh herbal

    Bahan-bahan herbal seperti jahe, kencur, kayu manis, cengkeh, dan daun mint dapat memberi kehangatan sekaligus menjaga imunitas tubuh. Anda bisa meracik sendiri teh herbal dengan memasukkan berbagai rempah tersebut ke dalam teh panas, atau merebusnya terlebih dahulu.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.