TOL SOLO-KERTOSONO : Tergusur Tol Soker, Ratusan Makam di Pilangkenceng Madiun Dipindahkan

TOL SOLO-KERTOSONO : Tergusur Tol Soker, Ratusan Makam di Pilangkenceng Madiun Dipindahkan Pembuatan kerangka beton jalan layang tol Solo- Kertosono di Balerejo, Kabupaten Madiun, Sabtu (21/11/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)

    Tol Solo-Kertosono dalam proses pembangunan.

    Madiunpos.com, MADIUN - Proyek pembangunan jalan tol Solo-Kertosono (Soker) ruas Ngawi-Kertosono menggusur ratusan makam di Desa Purworejo dan Kedungrejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Makam-makam itu terpaksa dipindahkan oleh para ahli waris.

    Kepala Desa Purworejo Bambang Sumitro di Madiun, Kamis (12/1/2017), mengatakan sesuai hasil pendataan total terdapat sekitar 865 makam yang terdampak di dua desa dan akan pindahkan oleh ahli waris secara bertahap.

    "Makam tersebut dipindahkan ke lokasi baru yang telah disediakan oleh pihak pembangun Tol Solo-Kertosono sebagai tempat permakaman umum [TPU] baru yang berjarak sekitar 500 meter dari TPU lama yang dibongkar," ujar Bambang kepada wartawan.

    Adapun, lahan TPU baru yang disediakan oleh pelaksana proyek tersebut memiliki luas sekitar 2.000 meter persegi. Sedangkan luas lahan TPU lama hanya sekitar 1.000 meter persegi.

    Selain telah menyediakan lahan pengganti, pihak pembangun tol juga memberikan dana kompensasi bagi masing-masing ahli waris yang makam keluarganya terdampak dengan nilai total Rp2 miliar lebih.

    Bambang menjelaskan, proses pemindahan ratusan makam tersebut diperkirakan memerlukan waktu hingga 60 hari.

    Diharapkan setelah proses pemindahan makam selesai, pembangunan proyek jalan tol ruas Ngawi-Kertosono di Magetan dapat segera dilakukan dan berjalan lancar.

    Seperti diketahui, jalan tol Solo-Kertosono ruas Ngawi-Kertosono akan dibangun melintasi tiga Kabupaten, yakni Madiun, Magetan, dan Ngawi. Adapun pengerjaannya dilakukan oleh PT Waskita Karya (Persero) melalui rekanan PT Ngawi Kertosono Jaya Baru.

    Terdapat ribuan bidang lahan di masing-masing kabupaten yang terdampak proyek pembangunan tersebut. Sebagian telah selesai dibebaskan dan sebagian lainnya masih dalam proses.

    Sementara, secara keseluruhan tol Solo-Kertosono merupakan bagian dari jalan tol Trans Jawa sepanjang 615 kilometer. Proyek tersebut sempat mangkrak, namun pada pemerintahan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla mulai dikebut agar bisa selesai pada tahun 2017 dan beroperasi pada tahun 2018.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.