UJIAN NASIONAL 2017 : Listrik Padam, UNBK di 2 SMA Ini Mundur dari Jadwal

UJIAN NASIONAL 2017 : Listrik Padam, UNBK di 2 SMA Ini Mundur dari Jadwal Kepala SMAN 2 Wonogiri, Endang Sunarsih (kanan), mengamati pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) melalui kamera closed circiut television (cctv) di Ruang Tata Usaha SMAN 2 Wonogiri, Senin (10/4/2017). (Danur Lambang Pristiandaru/JIBI/Solopos)

    Ujian nasional 2017 untuk tingkat SMA/MA/SMALB di Wonogiri diwarnai insiden listrik padam.

    Solopos.com, WONOGIRI — Listrik padam mewarnai hari pertama penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk SMA/MA/SMALB di Kabupaten Wonogiri, Senin (10/4/2017).

    Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Wonogiri, Pujo Irianto Langgeng, mengatakan UNBK di SMAN 1 Pracimantoro dan SMA Pancasila 3 Paranggupito tertunda beberapa saat karena listrik padam.

    Dia mengatakan SMAN 1 Pracimantoro memiliki generator set (genset) sehingga pelaksanaan UNBK di sekolah tersebut hanya mundur beberapa menit.

    “Berbeda dengan SMA Pancasila 3 Wonogiri. Meski memiliki genset, tower jaringan sinyal di sana mati. Sehingga pelaksaan UNBK sesi pertama mundur agak lama,” kata dia saat dihubungi solopos.com, Senin.

    Pujo menambahkan MKKS Wonogiri telah melayangkan surat permohonan kepada PT PLN Cabang Wonogiri untuk tidak mematikan listrik selama UNBK berlangsung. Namun di Wonogiri bagian selatan ternyata terjadi listrik padam selama beberapa saat.

    “Kami juga mewajibkan setiap sekolah untuk menyediakan genset. Namun kalau gangguan server dan padamnya aliran listrik di tower jaringan sinyal itu di luar kuasa kami,” sambung dia.

    Terpisah, Kepala SMA Pancasila 3 Paranggupito, Marjono, mengatakan pelaksanaan UNBK sesi pertama di sekolah tersebut terpaksa mundur dari seharusnya dimulai pukul 07.30 WIB menjadi pukul 08.30 WIB.

    “Listrik padam sebelum pelaksanaan UNBK sesi pertama, sekitar pukul 07.25 WIB. Kami sudah menghidupkan genset. Namun ternyata sinyal internet masih padam karena aliran listrik di jaringan sinyal juga padam. Jadi token UNBK tidak bisa diakses karena tidak ada jaringan internet. Sontak hal tersebut membuat para siswa panik,” kata dia.

    Marjono menambahkan guru SMA Pancasila 3 Paranggupito akhirnya mereka mengandalkan modem untuk mengakses token UNBK.

    “Sekitar pukul 10.30 WIB aliran listrik kembali menyala. Suplai listrik pada UNBK sesi kedua menggunakan jaringan listrik PT PLN kembali. UNBK sesi kedua juga mundur satu jam menjadi pukul 11.30 WIB. Dari informasi yang kami peroleh, ada kabel listrik yang terputus di jaringan listrik Desa Giribelah, Giritontro, sehingga listrik di sini padam untuk beberapa saat,” pungkasnya.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.