UN 2015 : UN di Kota Madiun Dijaga Polisi, Tapi Tanpa Seragam...

UN 2015 : UN di Kota Madiun Dijaga Polisi, Tapi Tanpa Seragam... Ilustrasi (JIBI/Solopos/dok)

    UN 2015 siap digelar Senin ini, polisi turut berpartisipasi menjamin kelancaran UN di Madiun.

    Madiunpos.com, MADIUN — Kepolisian Resor Kota (Polresta) Madiun Kota berjanji berperan aktif mengamankan empat hari pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2015 yang dijadwalkan berlangsung mulai Senin (13/4/2015) ini. Demi menjaga kondisi psikologis siswa peserta UN 2015 itu, polisi tidak akan mengenakan seragam saat melakukan pengamanan di sekolah-sekolah itu.

    Kepala Bagian Operasional Polresta Madiun Kompol Suhono, Minggu (12/4/2015), mengatakan di tiap sekolah pelaksana UN 2015 di wilayah Kota Madiun, Jawa Timur akan ada empat polisi. Mereka ditugaskan mengawal pelaksanaan UN sehingga berjalan lancar.

    Dari empat tersebut, sebagian di antara mereka berpakaian polisi lengkap untuk mengatur lalu lintas dan sebagian lagi tidak berseragam. "Kami akan menempatkan petugas yang berpakaian preman atau tidak berseragam. Setidaknya standar pakaiannya sama seperti guru pengawas, jadi siswa itu menanggap bahwa petugas kami itu guru. Sehingga tingkat kewaspadaannya tidak terganggu," ujar Kompol Suhono kepada wartawan di Madiun.

    Menurut dia, terkadang keberadaan petugas kepolisian yang berseragam di sekitar lingkungan sekolah membuat sejumlah siswa peserta UN merasa tegang. Hal itu juga mengacu kepada imbauan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang mengeluarkan standar operasional prosedur (SOP) UN dengan meniadakan peran kepolisian.

    Sementara itu, naskah UN telah tiba di kantor Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudmudora) setempat sejak Rabu (8/4/2015). Naskah-naskah tersebut langsung disortir dan disimpan di Gedung Graha Adhiwiyata, Dikbudmudora Kota Madiun. Hasil proses penyortiran tidak ditemukan kendala yang berarti. Semua naskah soal UN siap didistribusikan ke masing-masing sekolah penyelenggara ujian.

    Suhono menyatakan penyimpanan naskah soal tidak perlu dipindah ke mapolsek karena jarak Gedung Graha Adhiwiyata, Dikbudmudora Kota Madiun terbilang dekat dengan sekolah penyelenggara UN 2015. Dikbudmudora mencatat jumlah total peserta UN 2015 tingkat SMA dan sekolah sederajat di Kota Madiun mencapai 8.481 siswa. Siswa SMA berjumlah 3.570 peserta, SMK 2.890 peserta, dan MA 2.021 peserta.

     

    KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya.



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.