Viral Video Youtuber Indira Kalistha Remehkan Corona, Ini Kata Psikolog

Youtuber Indira Kalistha disebut psikolog kurang memiliki rasa empati.

Viral Video Youtuber Indira Kalistha Remehkan Corona, Ini Kata Psikolog Youtuber Indira Kalistha (Indira Kalistha (YouTube Gritte))

    Madiunpos.com, JAKARTA -- Cuplikan video wawancara dari seorang Youtuber sekaligus selebgram Indira Kalistha, viral di media sosial. Ia jadi bahan perbincangan netizen karena mengaku ogah pakai masker dan cuci tangan di masa pandemi Covid-19.

    "Enggak, aku jarang pakai masker. Kalau sheet mask aku pakai setiap hari. Kalau masker yang udara-udara gitu nggak dipakai kecuali ditegur kayak 'bu pakai maskernya ya'. Tapi kalau nggak ditegur ya kita lepas lagi. Ini napas sayang-sayang ditutup-tutup gitu loh. Sesak nih dada juga sesak ye," ucap Indira Kalistha dalam vlog bersama Youtuber lain, Gritte Agatha, yang ramai dibagikan pengguna media sosial.

    Wali Kota Malang Berharap PSBB 14 Hari Kasus Corona Turun Drastis

    "Misalnya ke mal, ke pasar, atau segala macam, pegang-pegang, abis beli makanan nih dari ojek online, aku nggak cuci tangan dulu baru makan. Jadi kayak ngambil apa-apa segala macam terus makan pakai tangan. Wallahualam gue kena Vorona kek, kena penyakit apa kek, demam berdarah kek, semua bisa mati," lanjutnya.

    Sikap tidak peduli seperti ini apakah menandakan Indira kurang memiliki rasa empati terhadap pandemi virus Corona?

    Menurut psikolog dari Personal Growth, Veronica Adesla, kita tidak bisa menilai secara langsung tentang sifat-sifat seseorang tanpa meneliti dan mengenalnya terlebih dahulu. Tetapi jika dilihat dari kondisinya, kemungkinan adanya kurang rasa empati itu ada.

    Dar! Petasan Meledak di Ponorogo, 1 Orang Tewas 8 Terluka

    Sifat Ignorance

    "Kalau kita punya empati setidaknya kita tidak melakukan suatu hal yang berpotensi membuat orang lain tertular," kata Veronica seperti diberitakan Detik.com, Jumat (15/5/2020).

    "Kurang berempati bisa jadi karena terlalu fokus sama apa yang jadi pemikirannya sendiri dan tidak terlalu peduli sama apa yang orang lain rasakan. Kurang adanya rasa peka terhadap orang lain," lanjutnya.

    Sempat Diadang Keluarga, Begini Aksi Bupati Madiun saat Jemput Paksa Pasien Positif dari Klaster Temboro

    Selain kurang memiliki rasa empati, Veronica juga mengatakan kemungkinan adanya sifat ignorance atau tidak peduli bisa saja terjadi pada orang-orang seperti itu. Sehingga banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya.

    "Kedua ignorance, jadi nggak peduli dan masa bodoh. Gue maunya begini jadi yaudah, kalau masyarakat dan pemerintah kaya gitu gue nggak peduli. Gue lakuin apa saja yang gue mau," tuturnya.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.