WISATA MADIUN : 5 Waduk Ini akan Digarap Jadi Objek Wisata

WISATA MADIUN : 5 Waduk Ini akan Digarap Jadi Objek Wisata Petani menyedot air Waduk Dawuhan, Wonoasri, Kabupaten Madiun, Senin (31/8/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)

    Wisata Madiun ini terkait pengembangan waduk menjadi objek wisata.

    Madiunpos.com, MADIUN - Sejumlah waduk yang ada di Kabupaten Madiun akan dikembangkan menjadi tempat wisata tanpa meninggalkan fungsi utamanya dalam mendukung sistem irigasi pertanian.

    Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan, dan Pariwisata (Diskoperindagta) Kabupaten Madiun Sawung Rehtomo mengatakan sejumlah waduk yang dibidik untuk dikembangkan sebagai objek wisata antara lain Waduk Bening Widas, Waduk Notopuro, Waduk Saradan, Waduk Kedung Brubus, dan Waduk Dawuhan.

    "Waduk-waduk tersebut termasuk dalam kategori wisata buatan yang mulai digarap untuk mendukung pengembangan pariwisata Kabupaten Madiun," ujar dia kepada wartawan di Madiun, Rabu (2/11/2016).

    Sawung menambahkan Pemkab Madiun pada tahun 2017 akan fokus pada pengembangan potensi wisata. Saat ini pihaknya sedang mendata objek wisata mana saja yang layak dikembangkan, termasuk wisata waduk sebagai tujuan wisata buatan.

    Selama ini yang telah dibuka untuk objek wisata air adalah Waduk Bening Widas dengan menggandeng pihak PT Jasa Tirta (Persero). Sedangkan waduk lainnya, seperti Notopuro, Dawuhan, Kedung Brubus, dan Saradan, mulai dikembangkan.

    Pengembangannya di antaranya dilakukan dengan penyiapan dan perbaikan infrastruktur penunjang, fasilitas umum, serta fasiltas penunjang anak.

    "Dinas akan membangkitkan kesadaran masyarakat sekitar akan potensi pariwisata sehingga timbul rasa memiliki, merawat, dan ikut mengembangkannya," terang dia.

    Untuk diketahui, Pemkab Madiun mulai menggarap enam konsep wisata untuk dijual ke wisatawan domestik maupun asing agar dapat dijelajahi di daerah setempat. Yakni konsep wisata alam, wisata buatan, desa wisata, wisata sejarah, wisata religi, dan wisata budaya.

    Dia menambahkan meski tidak memiliki tempat tujuan wisata sedasyat daerah lain, namun Madiun optimistis dapat memunculkan keunggulan bersaingnya guna menarik wisatawan datang ke daerahnya.

    Pengembangan aneka konsep wisata tersebut diharapkan mampu menjadi daya ungkit untuk mengangkat pariwisata di Kabupaten Madiun dan meningkatkan kunjungan wisatawan di daerah setempat.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.