WISATA MADIUN : Umbul Square Tawarkan Wisata Edukatif untuk Anak PAUD hingga SD

WISATA MADIUN : Umbul Square Tawarkan Wisata Edukatif untuk Anak PAUD hingga SD Objek Wisata Umbul alias Umbul Square di Dolopo, Kota Madiun (Facebook)

     Wisata Madiun, Umbul Square terus berbenah.

    Madiunpos.com, MADIUN – Perusahaan Daerah (PD) Madiun Umbul Square membidik anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), dan Sekolah Dasar (SD) dengan menawarkan kegiatan wisata edukatif.

    ”Umbul ini adalah merupakan tempat wisata keluarga berbasis edukasi, jadi untuk berwisata keluarga oke, pelajar juga oke. Sementara ini sasaran kita anak-anak PAUD, TK dan SD. Tujuannya, bila anaknya berwisata ke sini, orang tuanya kan pasti mendampingi,” kata Direktur PD Madiun Umbul Square R. Afri Handoko, Selasa (26/9/2017).

    Menurut Afri koleksi satwa yang dimiliki kebun binatang mini yang berada di dalam kawasan objek wisata Umbul menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Umbul.

    “Koleksi satwa kami lumayan banyak, seperti singa Afrika, rusa Samba, Walabi, Siamang. Dan Alhamdulillah saat ini koleksi burung merak sedang mengerami telurnya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat berhasil menetas dan menambah koleksi satwa,” kata dia.

    Selain itu, di dalam kawasan wisata Umbul terdapat tiga kolam air belerang yang bisa dijadikan untuk terapi bagi penderita sakit kulit. Tiga kolam tersebut dengan kapasitas 15-20 orang per kolam.

    “Kolam berlerang yang digunakan untuk berendam bagi masyarakat secara ilmiah memang bisa menyembuhkan penyakit kulit. Namun wisatawan yang berendam tak sebanyak seperti dulu. Sekarang airnya sudah tidak begitu panas lagi, dan yang datang kebanyakan mereka yang sudah tua,” ujarnya.

    Menurut Afri, kendala terberat untuk mengembangkan objek wisata Umbul adalah mengubah citra. Di dalam kawasan wisata Umbul dulu bertahun-tahun menyediakan penginapan yang dicitrakan sebagai tempat mesum.

    “Kita ini berangkat dari kondisi Umbul yang selama sekian puluh tahun dalam kondisi vakum. Selain itu, mohon maaf Anda tahu sendiri lah, Umbul ini dulu seperti apa. Ini berat sekali untuk mengembalikan citra,” kata Afri.

    Namun saat ini, Umbul sudah mulai bisa menghapus citra buruk dan berusaha mempromosikan diri sebagai tempat wisata keluarga dan edukasi. Pendapatan pun, kata Afri, sudah meningkat bahkan jauh melampaui target.

    “Tahun lalu dari target Rp30 juta bisa tercapai Rp100 juta, berarti kan tercapai 300 persen,” kata Afri.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.