WISATA MAGETAN : Okupasi Hotel di Sarangan Merangkak Naik

WISATA MAGETAN : Okupasi Hotel di Sarangan Merangkak Naik Wisatawan tengah menikmati keindahan alam objek wisata andalan Magetan, Telaga Sarangan. (JIBI/Solopos/Aries Susanto)

    Wisata Magetan panen wisatawan seiring tingginya okupasi hotel di Sarangan.

    Madiunpos.com, MAGETAN — Okupasi atau tingkat hunian hotel dan tempat penginapan di kawasan objek wisata Telaga Sarangan di Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur merangkak naik menjelang liburan Hari Natal 2015 dan Tahun Baru 2016. Pada momentum sama pada tahun lalu, hotel di Sarangan full booked.

    Salah seorang pengelola hotel di kawasan Telaga Sarangan, Ellis, mengatakan tingkat pemesanan kamar sejauh ini sudah mencapai 70% dari kapasitas masing-masing hotel.  "Itu berlaku baik untuk kamar kelas standar. Demikian juga untuk pemesanan vila. Pemesanan dilakukan bertepatan dengan libur Natal hingga malam pergantian tahun mendatang," ujar Ellis kepada wartawan, Sabtu (19/12/2015).

    Pihaknya memprediksi tingkat hunian tersebut masih akan bertambah seiring banyaknya pemesanan kamar hotel dari wisatawan yang ingin menikmati liburan akhir tahun di objek wisata Telaga Sarangan, Magetan.

    Full Booked
    Pada momentum sama pada tahun lalu, okupasi atau tingkat hunian hotel di Sarangan, Magetan selama liburan Hari Natal 2014 dan Tahun Baru 2015 di kawasan Telaga Sarangan bisa mencapai 100% alias full booked. "Diperkirakan tahun ini juga bisa mencapai 100%, apalagi liburan Natal dan Tahun Baru 2016 bersamaan dengan liburan sekolah," tambahnya.

    Menanggapi tingginya kunjungan wisatawan pada liburan akhir tahun, Kepala UPTD Telaga Sarangan, Kuswinardi, telah melakukan berbagai persiapan. Di antaranya menambah ketersediaan lahan parkir agar tidak terjadi kemacetan.

    "Guna menambah lahan parkir, kami akan memanfaatkan lahan warga yang kosong untuk disewa sebagai tempat parkir. Sistem parkir ini harus diatur saat masa puncak kunjungan seperti akhir tahun dan Lebaran, agar tidak menimbulkan kemacetan," kata Kuswinardi.

    Pesta Kembang Api
    Ia menambahkan, untuk mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan, pihaknya akan mengadakan sejumlah kegiatan. Di antaranya panggung hiburan dan pesta kembang api saat malam pergantian tahun 2015 ke 2016.

    Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Magetan mencatat target kunjungan wisatawan di objek wisata Telaga Sarangan, Magetan, tahun 2015, mencapai 700.000 orang dengan pendapatan asli daerah di sektor pariwisata lebih dari Rp6 miliar.

    Pihaknya optimistis dapat memenuhi target tersebut dengan memanfaatkan masa puncak kunjungan ke objek wisata Telaga Sarangan, Magetan itu saat liburan Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru.

     

    KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
    KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.