WISATA PACITAN : Inilah Wisata Lengkap di Pantai Taman

WISATA PACITAN : Inilah Wisata Lengkap di Pantai Taman Sejumlah wisawatan bermain di bibir Pantai Taman, Sabtu (3/9/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

    Wisata Pacitan, Pantai Taman selain memiliki pantai indah berpasir putih juga memiliki sejumlah wahana yang menarik dan edukatif.

    Madiunpos.com, PACITAN—Pantai di wilayah Kabupaten Pacitan memiliki keunikan dan keragaman masing-masing. Salah satunya, Pantai Taman yang berlokasi di Desa Hadiwarno, Kecamatan, Ngadirojo, Pacitan. Di pantai ini terdapat tempat konservasi penyu satu-satunya di kabupaten berjuluk Kota 1001 Goa itu.

    Pengunjung bisa mendatangi Pantai Taman melalui Jalur Lintas Selatan (JLS) dengan waktu tempuh sekitar 1 jam dari pusat kota Pacitan. Jalan di tempat wisata ini sudah mulus dan beraspal, sehingga sangat nyaman untuk dilalui.

    Pengalaman Madiunpos.com berkunjung ke Pantai Taman, Sabtu (3/9/2016), perjalanan menuju ke salah satu pantai indah di Pacitan itu sangat mengasyikkan. Sepanjang perjalanan dari pusat kota ke Pantai Taman, mata akan terus disuguhi pemandangan alam yang indah. Hamparan sawah yang hijau dan perbukitan dengan berbagai tumbuhan membuat mata sejuk. Sesekali, laut lepas akan terlihat di celah antara dua bukit yang membentang di sepanjang jalan lingkar selatan itu.

    Di pintu masuk pantai tersebut, sepanjang mata memandang akan melihat hamparan pasir putih dan air laut yang berwarna kebiruan. Pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya di lokasi parkir yang disediakan pengelola.

    Untuk menuju ke lokasi Konservasi Penyu, pengunjung bisa masuk dengan membayar retribusi senilai Rp2.000/orang. Di tempat konservasi, kita bisa melihat beberapa kolam yang disediakan untuk penangkaran penyu dan tukik atau anak penyu.

    Sudah ribuan ekor tukik yang dilepaskan oleh lembaga konservasi milik masyarakat desa setempat ini. Untuk indukan, ada lima ekor penyu indukan yang ditangkar di tempat tersebut.

    Di dalam tempat konservasi ada berbagai papan informasi yang berisi mengenai berbagai hal mengenai penyu dan tukik serta upaya pelestariannya. Saat itu, ada sekitar 500 tukik yang baru berusia dua hari yang dirawat di tempat konservasi itu.

    Pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam di Pantai Taman dengan flying fox sepanjang 450 meter. Dengan merogoh kocek senilai Rp30.000/orang, pengunjung bisa menikmati suguhan alam dengan menaiki flying fox sepanjang 450 meter. Sedangkan untuk flying fox dengan panjang 150 meter bisa dinikmati dengan membayar biaya sewa Rp20.000/orang.

    Selain flying fox, ada wahana menarik bagi yang suka bermain di air, yaitu kolam renang. Kolam renang di Pantai Taman tentu berbeda, karena lokasinya berada persis di samping bibir pantai itu. Sehingga pengunjung bisa berenang sambil melihat deburan ombak pantai selatan. Untuk menikmati fasilitas ini cukup murah, yaitu Rp5.000/orang, pengunjung bisa berenang bebas tanpa batasan waktu.

    Pengunjung yang ingin bermain air laut juga bisa di bibir pantai. Saat sore hari, banyak wisatawan yang datang untuk bermain di pantai dan jogging di sekitar pantai. Dengan pemandangan sekililing pantai yang indah dan dilengkapi dengan air laut yang bersih, tentu menjadi hiburan tersendiri bagi pengunjung yang datang.

    Saat letih setelah berkeliling di Pantai Taman, ada deretan warung di lokasi pantai yang menawarkan berbagai kudapan kuliner. Selain itu, es kelapa muda juga sangat cocok dinikmati di pantai sambil melihat atraksi ombak setinggi tiga meter yang datang secara berurutan di laut selatan.

    Pantai Taman ini sangat cocok untuk kegiatan dari berbagai kalangan dan usia. Untuk kalangan muda yang ingin wahan yang menantang adrenalin bisa mencoba menaiki flaying fox yang diklaim terpanjang se-Indonesia itu. Untuk anak-anak bisa bermain air di kolam renang yang telah disediakan. Untuk wahana pendidikan anak juga bisa masuk ke Konservasi Penyu yang tentunya akan menambah pengetahuan.



    Editor : Ahmad Mufid Aryono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.