WISATA PONOROGO : 300 Kamar Siap Terima Tamu Telaga Ngebel, Ini Tarifnya…

WISATA PONOROGO : 300 Kamar Siap Terima Tamu Telaga Ngebel, Ini Tarifnya… Deretan penginapan di tepian Telaga Ngebel, Ponorogo. (R. Wibisono/JIBI/Madiunpos.com)

    Wisata Ponorogo didukung keindahan alam Telaga Ngebel yang telah didukung fasilitas penginapan dan wahana perjalanan air.

    Madiunpos.com, PONOROGO — Sedikitnya 300 kamar tersedia di kawasan wisata Telaga Ngebel, Ponorogo, Jawa Timur. Setiap liburan Tahun Baru Hijrah atau 1 Sura sesuai penanggalan Jawa, kamar-kamar itu penuh disewa wisatawan.

    “Biasanya pada hari-hari prei [libur] banyak tamu keluarga. Bahkan pas malam 1 Sura biasanya sampai kekurangan kamar,” papar Winarsih, pemilik Penginapan Putri Asih di utara Telaga Ngebel, Ponorogo, Sabtu (3/10/2015).

    Di luar hari libur atau long week end, tamu penginapan-penginapan di seputaran Telaga Ngebel kebanyakan adalah pasangan-pasangan. “Kebanyakan pasangan, jarang ada keluarga kecuali long week end atau hari libur lain,” ungkap Wahyu dari Penginapan Boshe.

    Umumnya, penginapan di seputar Telaga Ngebel menawarkan dua jenis tarif sewa kamar. Tarif longtime untuk sewa kamar selama 24 jam dan tarif shorttime untuk pemakaian kamar selama 12 jam. Tamu-tamu keluarga biasanya meminati skim tarif longtime, sedangkan pasangan-pasangan biasanya memilih skim tarif shorttime.

    Kelas kamar setiap penginapan berbeda-beda. Penginapan Boshe, tempat Wahyu bekerja misalnya, membedakan tarif kamar berdasarkan letak kamar dan fasilitasnya. Kamar di lantai II dihargai Rp110.000, sedangkan kamar di lantai I dibanderol dengan label harga Rp100.000. Setiap kamar sudah dilengkapi pesawat televisi 100 channel, air hangat, dan air minum.

    Beberapa kamar di lantai I tanpa pesawat televiai dan air hangat dibanderol dengan tarif sewa hanya Rp70.000. “Semua kamar menghadap ke telaga. Hanya saja yang di lantai atas, view-nya tentu lebih jelas,” paparnya.

    Penginapan Putri Asih milik Winarsih menyediakan lebih banyak variasi kamar. Dari 18 kamar yang tersedia dibaginya dalam empat kelas. Tarif sewa kamar biasa tanpa pesawat televisi adalah Rp60.000 untuk longtime, dan Rp50.000 untuk shorttime. Kamar biasa dengan pesawat televisi Rp75.000 untuk longtime, dan Rp65.000 untuk shorttime.

    Kelas kamar yang lebih tinggi disebut Winarsih dengan nama kamar standart, tarif sewanya Rp85.000-Rp90.000 untuk longtime, dan Rp70.000-Rp75.000 untuk shorttime. Sedangkan Kamar VIP ditawarkannya dengan tarif Rp120.000-Rp250.000 untuk longtime, dan Rp85.000-Rp125.000 untuk shorttime.

    300 Kamar
    Di seputaran Telaga Ngebel yang menjadi objek wisata andalan Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur itu, menurut Winarsih terdapat 27 penginapan. Tujuh di antara ke-27 penginapan itu berada di lingkaran terdalam danau alami tersebut. "Total kamarnya 300-an," terang Winarsih.

    Tepian Telada Ngebel yang menampung 24.235.000 m3 air itu tak putus dikelilingi jalan aspal sepanjang 5 km. Ketujuh penginapan yang berada di lingkar dalam telaga itu didirikan di tepi jalur jalan aspal tersebut. Dengan demikian tamu hotel bisa leluasa melihat indahnya panorama telaga dari jendela.

    Penginapan Putri Asih bahkan menawarkan antar-jemput speedboat bagi wisatawan yang berminat menikmati panorama alam dari tengah telaga. Harganya tak beda dengan sewa speedboat di dermaga timur laut telaga, Rp50.000 untuk sekali mengitari telaga.

    Bedanya, tamu Penginapan Putri Asih tak perlu jauh-jauh pergi ke dermaga, melainkan cukup keluar dari hotel lalu menyeberang jalan untuk sampai di speedboat. “Dijemput di depan hotel,” tegas Winarsih, pemilik Penginapan Putri Asih.

     

    KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.